SKRIPSI EKOS
Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Pengusaha Batik Dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Samborejo Cokrah Kec. Tirto Kab.Pekalongan
Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi perusahaan karena perannya sebagai pelaku kegiatan operasional perusahaan. Manajemen sumber daya manusia yang dikelola secara baik dapat meningkatkan profesionalitas bagi sumber daya yang ada, sehingga mampu menciptakan produktivitas kerja secara optimal dan mewujudkan tujuan dariusaha yang di jalankannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menalaah dan menganalisa kendala-kendala yang dihadapi para pengusaha batik di Desa Samborejo guna menemukan strategi yang pantas untuk dijadikan pemecah masalah tersebut.
Penelitian ini merupakan Jenis penelitian yang menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah data-data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang ditemukan di lapangan melalui studi kasus dan survei. Dengan jumlah sample pengusaha batik sebanyak 7 (tujuh) orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa sumber daya manusia yang menjadi fokus penelitian yaitu para pengusaha batik masih cenderung sangat lemah dalam hal produksi, pemasaran serta pengolahan limbah hasil buangan. Oleh karenanya peneliti mencantumkan beberapa strategi guna memecahkan permasalahan yang dialami para pengusaha batik di Desa Samborejo Cokrah. Adapun kendala-kendala yang dialami para pengusaha batik antara lain, standar kemampuan yang lemah, masih sebatas jasa produksi, strategi pemasaran lemah dan masalah pengelolaan limbah batik.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan Ekonomi Syariah, Sumber Daya
DAFTAR PUSTAKA :
Ali, B. (2022, November Senin). Pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinieka Cipta.
Asa, & Kusnin. (2006). Batik Pekalongan Dalam Lintasan Sejarah. Jakarta: Paguyuban Pecinta Batik Pekalongan.
Assafira, B. L. (2022, November Senin). Warga Samborejo Cokrah. (A. N. ZUlfan, Interviewer) Samborejo.
Azwardi, Mutiara Ritonga, & Nasri, M. K. (2021). Tafsir Ayat-Ayat Tentang Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal Educational Research and Social Studies, 3.
Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Teori, Dimensi Pengukuran dan Implementasi dalam Organisasi. Yogyakarta: Zahir Publising.
David. (2011). Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Fahmi, A. (2012). HRD Syariah Teori dan Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Greer, C. (2009). Strategy and Human Resources: a General Managerial Perspective. New Jersey: Prentice Hall.
Hardjonagoro. (1999). Motif Meanings In Batik. Jawa Barat: Yayasan Batik Indonesia.
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hasanah, & Hanifah, A. (2020). Implementasi Model Pengembangan KSP. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1).
Hasibuan, M. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Akasara. Herdiyansyah, H. (2014). Meotodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Iskandar, & Kustinah, E. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. GEMA ISSN, 2457.
Jackson, R. d. (2012). manajemen sumber daya manusia they key concept. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kadarisman. (2013). manajemen pengembangan sumber daya manusia. Jakarta : Grafindo.
Kapsah, I. (2022, November Senin). Pengrajin Batik Sepuh. (A. N. Z, Interviewer)
kotler, p. (2011). Marketing Management, Cet. 4. Jakarta: Prend Hallindo. Maghfiroh, A. (2021). Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, & (01).
Micheal, H. (1997). Manajemen Strategis. Jakarta: Erlangga.
Moekijat. (1994). Pengembangan Organisasi. Bandung: Mandar Maju.
Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya.
naama, Zahra, M., & Mestapha. (2021). The impact of human capital in determining cooperative strategies the case of cooperatives in the Souss. Marocco: Massa Region.
Nas, M. (2022, November Senin). pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Nasir, B. (2022, November Senin). pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Notoatmojo, S. (1999). Membangun Sumber Daya Manusia. PT. Bank Negara Indonesia.
Nunuk, M. (2022, November Senin). Pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Nuraiman, H., & Rasyimah. (2008). Analisis Industri Batik Di Indonesia. Fokus Ekonomi Vol. 7 NO. 3.
Papayungan, M. (2005). Pengembangan dan Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Menuju Masyarakat Industrial Pancasila. Bandung: Mizan. Pearce dan Robinson. (2011). Manajemen Strategis. Jakarta: Binarupa Aksara.
Pratama, M. A. (2022, November Senin). Pengusaha Sarung Batik Sembodo. (Nizar, Interviewer)
QS. Al-Alaq: 1-5. (n.d.). Kemenag. QS. Al-An'am: 162. (n.d.). Kemenag. QS. Al-An'am: 82. (n.d.). Kemenag. QS. An-Nahl: 125. (n.d.). Kemenag. QS. Az-Zukhruf: 32. (n.d.). Kemenag.
Roojen, P. V. (2001). Batik Design. Singapore: The Pepin Perss.
Sastradipoera, K. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Unggul Cerdas Dan Berkarakter Islami. Bandung: Kappa Sigma. Soekanto, S. (2006). Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press.
Soemitro. (1990). Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Rineika Cipta.
spencer, l. (1993). Competence at Work : Models for Superrior Performance. New York: Jhon Willy & Son,Inc.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukristono. (2008). Strategic Management in Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sularoso. (2009). 60 Tahun Gabungan Koperasi Batik Indonesia. Jakarta: Koperasi Batik Indonesia.
Suminto, H. (2002). Pemasaran Blak-Blakan. Batam: Inter Aksara. Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offiset. Ulumudin, M. I. (2022, November Senin). pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Ulumudin, M. I. (2022, November Senin). Pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer)
Yusuf, A. M. (2014). Metodologi Penelitian Kulitatif, Kuantitatif dan Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Yusuf, M. (2022, November Senin). Pengusaha Batik. (A. N. Z, Interviewer) Yusuf, M. (2022, November Senin). Pengusaha Batik. (A. N. Zulfan, Interviewer) Samborejo: Wawancara.
Zidah, M. (2022, Novembar Senin). Pengusaha Batik. (Nizar, Interviewer) Manusia dan Pengusaha Batik
24SK2441010.00 | SK EKOS 24.010 AHM s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain