SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah
E-commerce merupakan hasil perkembangan trend lingkungan masyarakat sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih efektif dan efisien. Salah satu aplikasi E-commerce yang digunakan saat ini adalah Shopee. Shopee juga menawarkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membeli dan menjual produk hanya dengan mengunggah foto dan mendeskripsikan produk melalui smartphone mereka. Kemudahan yang diberikan oleh perusahaan shopee ini tentu saja didukung oleh strategi pemasaran yang dilakukan oleh Shopee. Bentuk strategi pemasaran melalui internet pun beragam bentuknya sesuai dengan tingkat interaksi yang dapat dihasilkannya. Berbagai bentuk pemasaran tersebut mencakup penggunaan email, banner ads, microsite, interstitials, banner, search related ads, website, dan sebagainya. Saluran-saluran utama dalam pemasaran berbasis internet adalah Search Engine Optimization (SEO), media sosial, iklan berbasis internet, email, konten website, dan pemasaran perangkat mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan Batik MD Pekalongan dalam meningkatkan penjualan baik ditinjau secara umum maupun dari perspektif ekonomi syariah, serta menjelaskan bagaimana kendala yang dihadapi Batik MD Pekalongan dalam meningkatkan penjualan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Batik MD Pekalongan yang beralamat di Simbang Kulon Gg. 2 Kab. Pekalongan (Depan Masjid Jami‟ Simbang Kulon). Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Batik MD menggunakan strategi pemasaran SEO, sosial media marketing, promosi berbayar, dan paket diskon yang disediakan oleh shopee, dan hal ini sangat efektif bagi Batik MD dalam meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran SEO, sosial media marketing, promosi berbayar, dan paket diskon yang digunakan oleh Batik MD pada shopee ini jika ditinjau dari perspektif ekonomi syariah, hal ini sudah sesuai dan efektif bagi Batik MD dalam meningkatkan penjualan. Serta kendala yang dihadapi Batik MD dalam meningkatkan penjualan yaitu karena adanya persaingan yang ketat, masalah logistik atau rendahnya kulitas SDM, adanya pembeli yang kurang percaya pada penjual di shopee, volume penjualan ataupun produksi yang tidak sesuai serta kebijakan pemerintah mengenai PPN 10%.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, SEO, Sosial Media Marketing, Promosi Berbayar, Paket Diskon
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, T. (2017). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Akmalaziz. (2014). Pemasaran Dalam Perspektif Islam. Akmalaziz.
https://akmalaziz.wordpress.com/2014/01/09/pemasaran-dalam- perspektif-islam/
Alfiyani, A. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Produk Bahan Bangunan di Masa Pandemi Covid-19 di Toko Bangunan Sidik Putra Selong Lombok Timur. UIN Mataram.
Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Widya Utami Putri, Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online.
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477–1485 http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/7336%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/7336/pdf
Azhar, S. W., Fauzi, A., Ghifari, R., Yuntama, P., Estiawan, Y., Yusuf, M., Pratama, F., Ramdan, M., & Andika, M. (2022). Pengaruh Social Media dan Search Engine Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 223–230.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying). Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2).
BBC. (2020). The secret to China’s booming tech industry. BBC. https://www.bbc.com/ diakses pada 14 Juli 2023
BOF. (2018). China’s strategy for dominating KOL marketing. The Business of Fashion : BOF. www.businessoffashion.com diakses pada 14 Juli 2023
BOF. (2018). How China’s Internet Celebrities Get Rich. The Business of Fashion : BOF. www.businessoffashion.com diakses pada 14 Juli 2023
Chaffey, D. (2009). E-Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation & Practice. Pearson Education.
Daily, J. (2020). Tailor-made in China: As Consumers Demand Personalization, Brands Go Big on Data and AI. Jing Daily : The Business Of Luxury in China. https://jingdaily.com/ diakses pada 14 Juli 2023
Dzikron. (2023, April 16). Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. (M. Ifwan Maula, Interviewer)
Eko. (2023, April 16). Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. (M. Ifwan Maula, Interviewer)
Enaceanu, A. (2010). Cost Effective RADIUS Authentication for Wireless Client. Database System Journal, 1(2).
Fransiskho, G., Goh, T. S., & Julitawaty, W. (2021). Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Diskon terhadap Volume Penjualan PT. Atmindo Tbk Tanjung Morawa. Jurnal Bisnis Kolega, 7(2), 20–29.
Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Graha Ilmu.
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Gaetano, A., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. Journal of Business Research, 69, 5833–5841.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.
Hamim. (2023, April 18). Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. (M. Ifwan Maula, Interviewer)
Handayani, A. Z., & Siregar, A. Z. (2022). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Mousse Cake pada Toko Kue Le Chic Bakehouse Medan. TOBA (Journal of Tourism, Hospitality and Destination), 1(4), 179–184. https://doi.org/10.55123/toba.v1i4.1654
Hardiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika. Kabani, S. H. (2012). The Zen of Social Media Marketing. Ben Bella Books.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global (Edition 17).Pearson Education.
Kotler, P. dan K. L. K. (2018). Manajemen Pemasaran. In Jilid 2 (Edisi 12). PT Indeks Kelompok Gramedia.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama.
Lisa. (2023, April 18). Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. (M. Ifwan Maula, Interviewer)
Marketing-interactive. (2019). How China is leading the digital marketing sector. Marketing-Interactive. www.marketing-interactive.com diakses pada 14 Juli 2023
Moleong, L. L. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M. A. (2017). Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.5281/zenodo.1012560
Nawan. (2023, April 16). Strategi Pemasaran di Shopee Batik MD Pekalongan Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah. (M. Ifwan Maula, Interviewer)
Nurani, & Widhajati, E. (2019). Strategi Pemasaran Online terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di PLUT KUMKM Tulungagung. Jurnal Benefit, 6(1), 58–66. https://journal.unita.ac.id/index.php/benefit/article/view/267/247
Patton, M. Q., & Priyadi, B. P. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. In 2 (Kesembilan). Salemba Empat.
Rachmadewi, I. P., Firdaus, A., Qurtubi, Q., Sutrisno, W., & Basumerda, C. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Rahmawati, Y. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran Website E-Commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.
Ramadhan, R. (2018). Peran Search Engine Optimization (Seo) Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Survei pada PT Amarta Zwara Guna (Inbound Id) di Jakarta). Universitas Brawijaya.
Ridwansyah, A. (2017). Instant Marketing For Busy People: Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi Erlangga Group.
Setianingtyas, A., & Nurlaili, E. I. (2020). Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 207. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2365
Sinaga, P. J. (2019). Analisis Pengaruh Promosi Online dan Pemberian Diskon Down Payment (DP) Terhadap Volume Penjualan Mobil Nissan Siliwangi PT. Indomobil Trada Nasional di Bekasi. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Solis, B. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Business to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. John Wiley & Sons Inc.
Stanton, W. J. (2013). Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Swastha, B., & Irawan. (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Jurnal Ecobisma, 6(2).
Tifany, S. A., & Moeliono, N. (2021). Pengaruh Paid Promote, Kualitas Produk, dan Online Consumer Review terhadap Minat Beli pada Tumbuh Lab. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(2), 418–426.
Wahyuni H. (2019). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Hadji Kalla Cabang Gowa. Universitas Negeri Makassar.
Widiawati, K., & Yuliani, T. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. Jurnal Administrasi Kantor, 10(2), 276–294.
24SK2441007.00 | SK EKOS 24.007 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain