SKRIPSI EKOS
Pengaruh Sertifikasi Halal dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Intervening ( Studi Ksus :Konsumen Mei Gacoan Pekalongan )
Kondisi Indonesia 13 tahun kebelakang mencatat perkembangan ekonomi, dimana pertumbuhan tersebut terbilang positif hal itu didukung hasil dimana pertumbuhan ekonomi di Indonesia tercatat stabil. Berkaitan dengan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal dan etika bisnis Islam terhadap kepuasaan konsumen, pengaruh sertifikasi halal dan etika bisnis Islam terhadap keputusan pembelian, pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh sertifikasi halal dan etika bisnis Islam melalui keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu metode kuesioner dengan sampel 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini memakai metode analisis jalur dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 26.0
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal dan etika bisnis Islam secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan Pekalongan. Sertifikasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Mie Gacoan Pekalongan. Etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Mie Gacoan Pekalongan. Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Mie Gacoan Pekalongan. Keputusan pembelian signifikan dan mampu memediasi sertifikasi halal terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan Pekalongan. Keputusan pembelian signifikan dan mampu memediasi etika bisnis Islam terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan Pekalongan.
Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Etika Bisnis Islam, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Agusti, M. E. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Customer Retention (Studi pada PT BPRS Adam Kota Bengkulu). IAIN Bengkulu.
Ahmad Syafiq. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih : Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113.
Apriansya, D., & Finthariasari, M. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu [Universitas Manajemen Bengkulu].
Armasaid, D. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Member Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening (Studi Kasus Pada Member Bento Gym Jakarta Timur) [Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia]. http://repository.stei.ac.id/5476/4/BAB III.pdf
Arsyam, M., & Tahir, M. Y. (2021). Ragam Jenis Penelitian dan Perspektif. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–11.
Ashari, M. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Farmasi Di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Chabachib, M., & Abdurahman, M. I. (2020). Determinan Nilai Perusahaan denngan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi. UPT UNDIP Press.
Chuluq, I. N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Sertifikasi Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Wlingi Blitar. IAIN Tulungagung.
Dahrani, & Syahfitri, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Islam Pada Home Industry. SOSEK: Jurnal Sosial Dan Ekonomi, 2(3), 30–34.
Dwi Cahya, A., Julita Sari, A., & Andar Feryanta, K. (2021). Pengaruh Kinerja Karyawan, Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Kepuasan Konsumen. YUME : Journal of Management, 4(2), 218–229.
Edi, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Sakinah Swalayan Di Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 251–266.
Farisa, I. (2018). Pengaruh Daya Tarik, Harga Dan Lokasi Wisata Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Pada Agrowisata Petik Jeruk Sumbersono. Universitas 17 Agustus 1945.
Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Sertifikat Halal, Aksesibilitas, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Restoran Cepat Saji Solaria Kota Cilegon) [Universitas Sultan Ageng Tirtayasa].
Furqon, I. N. (2020). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal HPAI di Boyolali dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. IAIN Salatiga.
Halin, H. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEMEN BATURAJA DI PALEMBANG PADA PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk. Jurnal Ecoment Global, 3(2), 167–182.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Ustiawaty, R. A. F. J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Ria Rahmatul Istiqomah. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Issue March). CV. Pustaka Ilmu.
Harisandi, Y., Fransiska, W., & Sari, R. K. (2019). Pengaruh Budaya, Sosial Dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Baju Muslim Pada Toko Butik Arafah Di Situbondo. ECOBUSS: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 53–70.
Hasanah, S. J. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Sambel Belut-Petir.
Husen, A., Sumowo, S., Rozi, A. F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal
Jember the Effect of Locations, Brand Images and Word of Mouth To Consumer Buying Decisions on Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127–143.
Istiqomah, N. K., & Nurhidayati, M. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Anggy Salon. Jurnal Ekonomi Islam (Jurnal Al-Intifaq), 2(1), 11–30.
Jalil, I., Wahyuningsih, Y. E., & Ansari, L. P. (2019). Applied of Reasoned Action Theory (Tra) Yang Berdampak Pada Intention To Purchase Herbal Cosmetics. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 3(2), 105–118.
Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Harga Dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux Pada Mahasiswa Stie “Kbp” Padang. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 2(1), 1–10.
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(10), 2199–2206.
Jumlah Restoran/Rumah Makan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah. (2021). https://jateng.bps.go.id/indicator/16/119/1/jumlah-restoran-rumah-makan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Kemenkopukm. (2023). Total UMKM Tahun 2010-2023. https://satudata.kemenkopukm.go.id/kumkm_dashboard/
Kurniawati, L. (2018). Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa IAIN Ponorogo [IAIN Ponorogo].
Kusuma, N. R. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal Dan Harga Serta Kualitas Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran KFC Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Listyarti, I. (2017). Pengambilan Keputusan Investasi Investor di Pasar Modal Indonesia ditinjau dari Teori Reasoned Action. Journal of Business & Banking, 7(2), 237–250.
Maknur, J., & Wahyuningsih, D. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Neuronworks Indonesia Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (ALMANA), 2(3), 73–87.
Mastura, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Aceh Syariah KPO Banda Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniryi Banda Aceh.
Muhammad. (2005). Etika Bisnis Islami. UPP Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.
Murdiman, Mahendra, M. S., & Adhika, I. M. (2017). Pola Persepsi dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Bank Sampah Di Kecamatan Denpasar Timur Provinsi Bali.
Jurnal Ecotrophic, 11(2), 94–100.
Murtiningsih, E., Susanti, R., & Indriastuti, D. R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 20(1), 34–43.
Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671–680.
Nabilah, S., Lubis, A., & Tarigan, E. D. S. (2020). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen pada Aroma Bakery dan Cake Medan. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1(1), 1–12.
Nasution, P., Effendi, S., & Agustami, E. (2022). Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kecamatan Barumun. MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, 3(1), 68–75. www.e-lppommui.org.
Nikmatussolihah, A. (2021). Analisis Pengaruh Sektor Industri dan Upah Minimum Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Provinsi Banten Tahun 2016-2019. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Nukha, Z. U., Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Herbal HPAI Di Kecamatan Poncokusumo). JIAGABI, 10(1), 75–84.
Nurfarah. (2020). Pengaruh Workplace Spirituality Terhadap Perilaku Pro-Lingkungan Dengan Motivasi Intrinsik Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan BPJS Kesehatan Surakarta [IAIN Surakarta].
Nurmalasari, D. (2023). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toserba Mariza Di Madiun. IAIN Ponorogo.
Nursyamsiyah, I., & Nopianti, N. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(1), 52–62.
Nutaella, C., & Anisa, F. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Individual dengan Self Efficacy sebagai Variabel Intervening. Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology, 298–316.
Oktarina, D. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah FE-UMM, 12(1), 9–16.
Oktaviani, G. (2019). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Jasa PT Gita Rifa Express (Studi Kasus Pengiriman Barang Daerah Batusangkar). Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Paramitha, P. P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus Pada Mie Gacoan Pekalongan). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 4(September), 1–11.
Pitriani, D., Ibdalsyah, & Hakiem, H. (2020). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Manajemen Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Sofyan Hotel Betawi Syariah. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 29–41.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Kinerja, 14(1), 16–23.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.
Pratiwi, N., Parakkasi, I., & Darussalam, A. Z. (2022). Pengaruh Sertifikasi Dan Labelisasi Halal Terhadap Perilaku Pembelian Produk Mi Samyang (Studi Kasus Di Kabupaten Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba). Edunomika, 06(02), 1–15.
Pratiwi, U. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di 212 Mart Veteran Utama Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.
Rusidah. (2020). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Sembako di Pasar Kamis Desa Sunga Junjangan Kecamatan Batang Tuaka. In Ekonomi Islam. STAI Auliaurrasyidin-Tembilahan.
Salam, & Habibah. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening Intervening Intervening (Studi Kasus. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 33–52.
Salimun, & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Prosiding Seminar Nasional Humanis 2019 Pengaruh, 563–577.
Sari, I. P. (2021). Pengaruh Positif Lokasi, Figure Pemilik, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Mubarokatan Thoyyibah. IAIN Kudus.
Sasmita, D. (2020). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Camera Station di Bandar Lampung). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sasnita, A., Musyahidah, S., & Nursyamsu, N. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 70–88.
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96–112.
Solecha, H. R. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Di Rocket Chicken Bandar Batang). UIN Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Sri, K., & Jalil, A. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Minat Masyarakat Membeli Produk Makanan Berlabel Halal Di Kuala Tungkal. Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 21–43.
Ulfa, R. (2021). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. All-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 342–351.
Ulumiyyah, L. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Promosi, Lokasi, Harga, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KAOSAN Kaos Santri Nusantara). In Skripsi. IAIN Salatiga.
Wakhyuni, E., & Andika, R. (2019). Analisis kemampuan, komunikasi dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitha Sarana Niaga. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 271–278.
Widya, P. R., Kristianto, A. H., & Jimmi. (2020). Model Perilaku Anggota Klub Motor Di Bengkayang: Pendekatan Eksploratoris. Jurnal Maneksi, 9(1), 310–316.
Yulianti. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
24SK2441005.00 | SK EKOS 24.005 MBA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain