SKRIPSI PBA
Analisis Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini mengkaji bagaimana penerapan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab Kelas VII A di SMP Nu Kajen Kabupaten Pekalongan. Dewasa ini banyak dari lembaga Pendidikan Islam yang memberikan pengajaran bahasa Arab bagi siswanya, disisi lain rendahnya minat serta pandangan siswa terkait sulitnya belajar bahasa arab masih menjadi persoalan utama, sehingga seringkali hasil belajar belum terpenuhi. Dalam kondisi tersebut guru memiliki peran penting dalam mencari alternatif pemecahan masalah tersebut, salah satunya yaitu dengan menggunakan strategi Active Learning sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu membuat pembelajaran lebih hidup, kreatif serta menyenangkan
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana perencanaan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII A di SMP NU Kajen Kabupaten Pekaongan dan bagaimana pelaksanaan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII A di SMP NU Kajen kabupaten pekalongan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan strategi Active
Learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII A di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan dan bagaimana pelaksanaan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII A di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian Analisis Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Vii A Di Smp Nu Kajen Kabupaten Pekalongan yaitu dalam tahap perencanaan pembelajaran dan tahap pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VII A di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan sudah sesuai dengan aturan dan teori yang ada. Pelaksanaan strategi Active Learning
pembelajaran bahasa Arab di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan sudah berjalan sesuai dengan teori yang ada. Di dalam tahapan pelaksanaan pembelajarannya sendiri sudah sesuai dengan panduan yang dikeluarkan pemerintah dalam Permendikbud Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 yang pada dasarnya tahapan pelaksanaan pembelajaran dimulai dari tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang berlangsung sesuai dengan strategi yang peneliti Analisa yakni strategi Active Learning yang dikemukakan Silberman.
23SK2322136.00 | SK PBA 23.136 ILH a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain