SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Tarjamah Dalam Pembelajaran Maharah Al-Qira'ah Siswa Kelas VIII Mts Ma'arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menerapkan metode
tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII di MTs Ma’arif
Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Dalam hal ini alasan utama guru
mengimplementasikan metode tarjamah karena dalam pembelajaran bahasa Arab
banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca teks qirā'ah beserta
terjemahannya, terlebih lagi dalam memahami isi dari teks qirā'ah yang digunakan
sebagai materi pembelajaran pada mahārah al-qirā'ah. Maka dari itu, salah satu
cara guru yaitu menggunanakan metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-
qirā'ah supaya pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih mudah. Metode ini
diyakini guru dapat mempermudah siswa dalam membaca teks qirā'ah beserta
terjemahannya serta membantu siswa untuk memahami teks qirā'ah.
Bardasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan
beberapa rumusan masalahnya, yang pertama mengenai bagaimana cara
mengetahui implementasi metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah al-
qirā'ah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan, dan
yang kedua, bagaimana kelebihan dan kekurangan metode tarjamah dalam
pembelajaran mahārah al-qirā'ah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanganyar
Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar pembaca
mengetahui terkait implementasi metode tarjamah dalam pembelajaran mahārah
al-qirā'ah, serta kelebihan dan kekurangan implementasi metode yang ada.
23SK2322135.00 | SK PBA 23.135 NAI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain