SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Pekalongan
Upaya guru dalam pembelajaran adalah salah satu upaya atau perencanaan yang di dalamnya terdapat serangkaian atau susunan aktivitas pembelajaran di kelas yang digambar secara terbatas atau khusus baik dari sebuah cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pembelajaran, menggunakan dari beberbagai nilai potensial dari bahan atau elemen tertentu dalam kehidupan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Namun realitanya adanya pengaruh dari internal peserta didik seperti kurangnya motivasi belajar dan eksternal peserta didik seperti lingkungan dan sistem zonasi yang ada di sekolah tersebut mengharuskan guru untuk beradaptasi dengan kebijakan baru tersebut yang pastinya dapat menimbulkan banyak perubahan dalam proses belajar mengajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMA Negeru 1 Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan mutu pada proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Pekalongan telah mengambarkan upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan guru yang menyiapkan program perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi di awal tahun, meningkatkan rencana pembelajaran yang terstruktur, memaksimalkan waktu pembelajaran, mengikuti pelatihan untuk guru PAI, mengikuti program pengembangan kompetensi guru dengan in house traning, penjelasan materi dengan jelas dan mudah dipahami, guru memotivasi siswa untuk belajar, lalu menerapkan metode pembelajaran yang variatif, dan memberikan umpan balik konstruktif. Dalam upaya guru untuk menigkatkan mutu pembelajaran PAI mempunyai fator pendukung yaitu guru yang senantiasa mengembangkan dirinya untuk meningkatkan kualitas dalam penyampaian pembelajaran, lingkungan dan situasi sekolah yang postif sebagai upaya guru terus menciptakan lingkungan yang baik untuk siswa dalam menigkatkan proses pembelajaran, adanya kegiatan ektrakulikuler dalam kegiatan kesiswaan sebagai faktor pendukung guru untuk mengembangkan dalam diri siswa yang berakhlakul karimah dan menambahkan ilmu mereka dalam bidang agama di luar jam sekolah, kesungguhan anak dalam belajar, dan sarana serta prasarana sebagai media pembelajaran yang memadai untuk meningkatkan siswa dalam belajar dan meningkatkan pemahan siswa yang fokus kepada pembelajaran. Adapun faktor penghambat dari upaya guru dalam meningkatkan mutu pada pembelajaran yang dirasakan oleh guru SMA N 1 Pekalongan dengan adanya sistem input baru yang berubah mejadi adanya sistem zonasi yang kini input masuk siswa ke dalam sekolah tidak lagi memakai nilai yang tertinggi, menghambat guru dalam menaikkan nilai siswa bukan hanya karena sistem zonasi tetapi ada faktor lain yaitu perbedaan latar belakang siswa, kurangnya perhatian siswa kepada waktu, tenaga, kepentingan, kemauan anak dalam belajar, dan kurangnya guru menguasai IT, kurangnya perhatian masyarakat pada mata pelajaran PAI menjadikan kendala guru dalam meningkatkan mutu pada pembelajaran.
24SK2421052.00 | SK PAI 24.052 NUR u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain