SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 1 Tangerang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan, penyempurnaan, dan pengembangan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Yang mana dalam kurikulum merdeka juga mencakup enam elemen yang sangat penting yang disebut dengan profil pelajar pancasila, yang sebagaimana berikut: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, Kreatif, Mandiri, Berkebhinekaan global, Bernalar kritis, Gotong royong. Dalam hal ini, SMP Negeri 1 Tangerang merupakan sekolah penggerak angkatan pertama, yang mulai menerapkan kurikulum merdeka mulai tahun ajaran 2021/2022. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apa saja program sekolah yang dilakukan dalam projek penguatan profil pelajar pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Tangerang? Apa saja upaya guru pendidikan agama Islam dalam projek penguatan profil pelajar pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Tangerang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam projek penguatan profil pelajar pancasila pada implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Tangerang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah wakil bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik SMP Negeri 1 Tangerang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Tangerang dengan adanya program projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema rekayasa dan tekologi, serta kewirausahaan. Dengan upaya yang dilakukan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Serta ada faktor pendukung dan penghambatnya.
24SK2421046.00 | SK PAI 24.046 AHM u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain