SKRIPSI PAI
Implementasi Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Siswa Tunagrahita) Di SMPLB Negeri Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMPLB Negeri Batang yang penulis temukan diantaranya secara teori siswa tunagrahita ini mempunyai kemampuan dibawah rata-rata, kesulitan dalam hal belajar atau sulit untuk paham dengan materi pelajaran seperti Pendidikan Agama Islam, motivasi belajar yang rendah sehingga membuat siswa tunagrahita ini terlambat dalam hal berpikir, Oleh karena itu, penerapan media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang sangat diperlukan agar siswa tunagrahita mudah memahami materi yang diajarkan, menarik perhatian dan minat belajar, serta menumbuhkan semangat belajar siswa tunagrahita sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah siswa tunagrahita dan guru PAI di SMPLB Negeri Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang diterapkan dengan menampilkan video pembelajaran berikut ini langkah-langkahnya guru mempelajari buku petunjuk yang telah disediakan, guru menyiapkan video pembelajaran, guru menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan, guru menampilkan video pembelajaran, dan guru memberikan latihan dan tes. Agar implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang berjalan dengan baik terdapat beberapa faktor pendukungnya antara lain tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, guru yang menguasai dan memahami petunjuk penggunaan media audio visual, dan minat belajar siswa yang tinggi. Implementasi media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Batang ini tidak dapat berjalan dengan baik disebabkan beberapa faktor penghambatnya antara lain siswa tunagrahita yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran orang tua akan pendidikan anaknya, dan kurangnya guru PAI di SMPLB Negeri Batang.
24SK2421042.00 | SK PAI 24.042 DEL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain