SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Akhlak Di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta'allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan
Beberapa studi kasus menunjukkan beberapa bentuk perilaku kepatuhan santri yang sudah ada sejak dulu di madrasah diniyah, seperti berpakaian sopan, mahir membaca kitab kuning bahkan memahami isinya, menghormati dan saling menyayangi. Akan tetapi terdapat pula perilaku yang menyimpang di kalangan para santri yang muncul akibat perkembangan zaman seperti melanggar tata tertib, minimnya kemampuan membaca kitab dan imitasi budaya dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. 2) Mengetahui bentuk perilaku atau akhlak santri di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan. 3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data dianalisis menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman melalui langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi: sarana prasarana, administrasi ustaż/ustażah dan manajemen kelas. Tahap pelaksanaan meliputi materi dan metode pembelajaran. Tahap yang terakhir yaitu evaluasi yang meliputi tes tertulis dan praktik. Bentuk perilaku santri di Madrasah Diniyah Roudlatul Muta’allimin menunjukkan pada perilaku akhlak terpuji dan juga akhlak tercela. Akhlak terpuji yang ditunjukkan para santri seperti: sopan santu, ramah, taat dan patuh, disiplin, menghargai dan saling berbagi. Adapun akhlak tercelanya yaitu gaduh saat pelajaran dan bertutur kata kurang sopan. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan akhlak di Madrasah Diniyah Roudlotul Muta’allimin Kuripan Lor yaitu orang tua, lingkungan pergaulan di masyarakat, praktik sunnah ibadah, kerjasama yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua dan peran ustaż/ustażah. Faktor penghambat diantaranya yaitu ponsel, kurangnya motivasi dari orang tua, pengaruh lingkungan dan pengaruh teman sebaya.
24SK2421034.00 | SK PAI 24.034 WIL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain