SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjama'ah Peserta Didik Kelas VII Di SMP N 2 Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan tugasnya di sekolah tidak hanya menyampaikan pengetahuan agama Islam pada peserta didik saja, namun juga membimbing tentang teknis pelaksanaan shalat. Dengan adanya pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah, harapannya dapat meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik maupun kedisiplinan dalam mengikuti tata tertib yang ada di sekolah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka strategi guru Pendidikan agama Islam dalam di SMP N 2 Wonokerto harus bisa mendidik siswanya agar senantiasa disiplin dalam menjalankan shalat berjama’ah dengan cara menggunakan strategi pembiasaan dan pemberian motivasi kepada peserta didik. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto? Dan bagaimana faktor yang mendukung dan menghambat guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto? Tujuan dari penulisan skripsi adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto, untuk memperoleh pengetahuan faktor yang mendukung dan menghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto dilakukan dengan cara menggunakan pembiasaan, menggunakan strategi mengingatkan, menggunakan strategi motivasi, menggunakan strategi keteladanan, menggunakan strategi nasihat, strategi bimbingan dan menggunakan strategi hukuman kepada peserta didik. Kemudian faktor pendukung guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjama’ah peserta didik kelas VII di SMP N 2 Wonokerto diantaranya: faktor orang tua, faktor dari guru pendidikan agama Islam, faktor lingkungan dan faktor sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya meliputi: kurangnya motivasi peserta didik, kurangnya kesadaran peserta didik, dan terbatasnya sarana dan prasarana.
24SK2421033.00 | SK PAI 24.033 NUR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain