SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Keagamaan Peserta Didik Kelas XII Di SMA Negeri 2 Batang
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SMA Negeri 2 Batang masih terdapat perilaku keagamaan peserta didik kelas XII yang masih bermasalah atau bisa dikatakan kurang baik. Dalam hal ini guru harus memiliki strategi yang tepat dalam membina perilaku keagamaan peserta didik yang masih memiliki perilaku keagamaan yang kurang baik. Di SMA Negeri 2 Batang guru mempunyai strategi tersendiri dalam membina perilaku keagamaan dengan menggunakan strategi pembiasaan, strategi keteladanan, strategi nasihat, dan strategi hukuman. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana perilaku keagamaan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Batang? Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Batang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina perilaku keagamaan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Batang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam kelas XII dan peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku keagamaan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Batang menggunakan strategi penerapan pembiasaan, keteladanan, nasehat dan hukuman. Bentuk perilaku keagamaan yang sudah diterapkan di SMA Negeri 2 Batang antara lain membiasakan dan melaksanakan sholat berjama’ah. Membiasakan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca asma’ul husna serta surat surat pendek, sopan santun terhadap guru maupun orang lain, membiasakan mengucap salam ketika bertemu guru maupun ketika memasuki kelas. Faktor pendukung strategi membina perilaku keagamaan diantaranya perilaku guru, lingkungan pertemanan siswa, lingkungan keluarga. Faktor penghambat dalam membina perilaku keagamaan diantaranya latar belakang keluarga siswa yang kurang mendukung, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya kontrol dan pengawasan guru.
24SK2421031.00 | SK PAI 24.031 SHI s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain