SKRIPSI PAI
Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batang
Penelitian ini dilatar belakangi proses belajar mengajar siswa seharusnya turut aktif dan berinteraksi, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran fiqih ini sebaiknya menggunakan model yang tepat, salah satunya yaitu model SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual). Hal ini dapat membuat siswa belajar lebih aktif, terbimbing dan mempermudah dalam memahami pembelajaran yang di ajarkan oleh guru. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1). Bagaimana pemahaman siswa sebelum menerapkan model pembelajaran SAVI kelas VIII di MTs. Negeri Batang ?, (2). Bagaimana pemahaman siswa setelah menerapkan model SAVI kelas VIII di MTs. Negeri Batang ?, (3). Bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Batang ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran SAVI serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. Negeri Batang. Kegunaan dalam penelitian ini yaitu untuk melihat adanya bukti efektivitas dalam penggunaan model SAVI terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan model eksperimen One Group Pretest Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII H berjumlah 20 yang nantinya mendapat perlakuan dengan model SAVI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Uji hipotesis yang digunakan menggunakan uji paired sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pemahaman siswa sebelum menggunakan model SAVI masih rendah yaitu dengan nilai 58, (2). Pemahaman siswa setelah menggunakan model SAVI pada mata pelajaran fiqih mengalami peningkatan dengan nilai 81, (3). Penggunaan model SAVI cukup efektif terhadap pemahaman siswa dengan hasil analisis data uji T diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak atau Ha diterima.
24SK2421021.00 | SK PAI 24.021 ANI e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain