SKRIPSI PAI
Kreativitas Guru Dalam Membangun Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MTS Assaid Cokra Kecamatan Blado Kabupaten Batang
Masalah kreativitas yang dihadapi guru Akidah Akhlak adalah masalah yang krusial dalam proses pembelajaran, mengingat Akidah Akhlak adalah salah satu mata pelajaran yang sukar dan membosankan bagi peserta didik. Dengan hal tersebut penulis tertarik untuk dikaji dalam penelitian skripsi. Meskipun MTs Assaid Cokro sudah tergolong MTs yang mempunyai media yang cukup memadai, namun guru Akidah Akhlak mempunyai inovasi dalam proses pembelajaran atau tidak. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Sedangkan pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data di lapangan model Miles and Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Assaid Cokro diwujudkan dengan peran serta upaya-upaya guru akidah akhlak dalam membangun motivasi belajar antara lain mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dimulai, melakukan pendekatan sebelum memulai pembelajaran, mengaitkan materi dengan kehidupan jaman sekarang, mengolah kelas, melakukan evaluasi pembelajaran, memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan minat peserta didik, ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Kedua, Faktor pendukung kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar pesera didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang, antara lain : faktor internal yakni panggilan dari hati nurani, percaya diri, menggunakan suara yang keras, faktor eksternal yakni sarana prasarana,orang tua, lingkungan, faktor penghambat antara lain : faktor internal yakni takut gagal, waktu , faktor eksternal yakni kurangnya kedisiplinan anak, peserta didik yang menyepelekan materi.
24SK2421020.00 | SK PAI 24.020 NIN k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain