SKRIPSI PBA
Penerapan Media Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Mufradāt Bahasa Arab Di Kelas IV MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang
Mufradāt atau kosa kata adalah unsur penting dalam pembelajaran bahasa itu sendiri. Kosa kata (Mufradāt) yaitu suatu unsur bahasa yang penting dan wajib dimiliki seseorang dalam mempelajari bahasa asing. Guru bahasa Arab kelas IV di MI Ma’arif NU Kebandungan, mengemukakan bahwa problematika pembelajaran mufradāt bahasa Arab secara eksternal yaitu faktor siswa yang kurang berminat dalam mata pelajaran bahasa Arab, sehingga siswa sulit memahami suatu teks bacaan dari seorang guru, siswa merasa bosan dengan metode ajar yang pasif sehingga dalam penangkapannya kurang maksimal. Media kartu bergambar merupakan salah satu alat dalam pembelajaran dengan media kartu gambar yang dirancang untuk mempermudah pembelajaran, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas IV MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang? dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas IV MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang? Penelitian ini menggunakan field reasearch, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang relevan dengan penelitian ini adalah analisis data Miles dan Hubermen yang meliputi tahap reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya: media kartu bergambar digunakan dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab bagi kelas IV MI Ma’arif NU Kebandungan pada tahap inti dalam kegiatan belajar mengajar, guru menyampaikan materi mufradāt dengan menutupi tulisan kemudian guru memberitahu murid bahwa gambar tersebut adalah (Mufradāt tentang الْمِهْنَةُ) dengan bahasa Arab, selanjutnya siswa mengulang bersama-sama beberapa kali. Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Ma’arif NU Kebandungan dengan media kartu bergambar yaitu antusias guru dan murid sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan faktor penghambat yaitu kemampuan siswa yang berbeda sehingga dalam menangkap materi pelajaran sedikit terhambat.
23SK2322131.00 | SK PBA 23.131 FAD p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain