SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NU Kesesi Ditinjau Dari Gender
Prestasi belajar matematika siswa merupakan hal yang penting diperhatikan
karena berkaitan dengan perkembangan kognitifnya. Kecerdasan emosional dan
minat belajar serasi dengan prestasi belajar siswa karena memengaruhi pikiran dan
cara berperilakunya. Lebih dalam lagi, perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh
gendenya.
Masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan
minat siswa terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gender. Tujuan
penelitiannya ialah mengetahui pengaruh kecerdasan emosinal, minat belajar, dan
pengaruh keduanya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini
berguna untuk pendalaman karakteristik siswa dalam hal kecerdasan emosional dan
minat belajar sesuai gender siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Ex Post Facto dan pendekatan kuantitatif merupakan jenis dan pendekatan
penelitian yang peneliti gunakan. Peneliti mengambil sampel Kelas VIII A dan VIII
B SMP NU dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian
menggunakan uji parsial dan uji simultan di tiap variabel bebas terhadap variabel
terikat.
Kecerdasan emosional berpengaruh dengan nilai signifikan 0,038 < 0,05
untuk gender perempuan dan 0,000 < 0,05 untuk gender laki-laki terhadap prestasi
belajar mata pelajaran matematika. Minat belajar berbengaruh dengan nilai
signifikan 0,012 < 0,05 pada gender perempuan dan 0,012 < 0,05 untuk gender laki-
laki terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa. Hasil uji simultan
kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar
pelajaran matematika dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil dari koefisien
determinasi menunjukan bahwa pada gender perempuan diperoleh hasil 92,5% dan
untuk gender laki-laki 99,1% terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika.
23SK2326210.00 | SK TM 23.210 KHO p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain