SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Game Edukasi Riddles And Puzzles Maths Games Terhadap Hasil Belajar Pola Bilangan Siswa Kelas VIII Di SMP N 2 Kajen
Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya media mengajar guru yang bisa menambah semangat dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini membuat siswa kurang memahami pelajaran matematika yang akhirnya berakibat pada menurunnya hasil belajar. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan
menggunakan media game yang membuat situasi pembelajaran lebih menyenangkan. Untuk itu, dibuatlah penelitian mengenai “Pengaruh Game Edukasi
Riddles and Puzzles Math Games terhadap Hasil Belajar Pola Bilangan Siswa Kelas VIII di SMP N 2 Kajen”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pola bilangan dengan menggunakan game edukasi riddles and puzzles maths games 2) Apakah terdapat pengaruh aplikasi riddles and puzzles maths games terhadap hasil belajar pola bilangan matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VIII
pada materi pola bilangan dengan menggunakan aplikasi riddles and puzzles maths games 2) untuk mengetahui pengaruh aplikasi riddles and puzzles maths games
terhadap hasil belajar pola bilangan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi-eksperiment dengan desain penelitian berupa
Pre-test post-test nonequivalent control group design dengan teknik deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 60 siswa, dimana 30 siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran menggunakan instrumen tes berupa soal pre-test sebanyak 10 soal dan post-test sebanyak 10 soal
uraian.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat tinggi dari nilai rata-rata 58,3 menjadi 78,6, sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan yang rendah dari nilai rata-rata 58,2 menjadi 70,2. 2) hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 78,6 sedangkan di kelas kontrol 70,2. Dari hasil kedua sampel tersebut diperoleh selisih sebesar 8,4 serta perbandingan uji independent sampel t- test diperoleh perbandingan t hitung 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh game edukasi riddles and puzzles maths games terhadap hasil belajar materi pola bilangan pada siswa SMP N 2 Kajen.
23SK2326208.00 | SK TM 23.208 ROF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain