SKRIPSI PGMI
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SD Negeri Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi peagogik guru di SD Negeri Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Kurangnya guru dalam mengembangkan kurikulum serta guru yang jarang mengadakan evaluasi, hal ini dapat dilihat ketika peserta didik akan menghadapi ujian, banyak peserta didik kelas 6 yang belum mahir berhitung, kurang menguasai mater pelajaran, dan peserta didik kurang aktif di dalam kelas. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik gurunya, bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, dan Apa yang menjadi problematika dan solusi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru, untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, dan untuk mendiskripsikan problematika dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumtasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh setiap guru yaitu: membina karakter peserta didik, menguasai teori-teori dan prinsip-prinsip pembelajaran dalam mendidik, pengembangan kurikulum, mengembangkan potensi pada peserta didik, berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik dan menilai/mengevaluasi hasil pembelajaran peserta didik. Namun masih terdapat guru yang kurang berkompeten dalam mengembang kurikulum, dan kurang efektif dalam berkomunikasi dengan peserta didik. Adapun strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yait: melakukan supervisi, mengadakan rapat, melaksanakan Kelompok Kerja Guru (KKG), pelatihan/seminar, dan knowledge sharing. Sedangkan problematika serta solusi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu: lemahnya guru dalam menguasai teknologi, informasi dan komunikasi dan minat belajar peserta didik yang kurang. Dengan solusi yang diberikan kepala sekolah berupa pelatihan dan pembinaan cara penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi. Serta solusi guru yaitu melakukan kunjungan ke rumah peserta didik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
24SK2423019.00 | SK PGMI 24.019 DIE s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain