SKRIPSI PGMI
Problematika Peserta Didik Dalam Menghafal Al-Qur'an Juz 30 Di Kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: Apa Problematika yang dihadapi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 di kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Apa upaya untuk mengatasi Problematika peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 di kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Tujuan Penelitiannya adalah Untuk Mengetahui apa Problematika yang dihadapi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an di kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Untuk mengetahui upaya untuk mengatasi Problematika peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 Di kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini terdapat 2 kegunaan, yaitu kegunaan teoritis: a) Sebagai sarana memperluas pengetahuan peneliti terkhususnya dan orang yang berinteraksi langsung dengan problem atau kesulitan dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an b) dan dapat berpengaruh positif terhadap terciptanya kemampuan menghafal bagi peserta didik. Kegunaan Prakttis: a). supaya siswa yang belum menghafal dengan lancar dan terlambat dalam menghafal harus ditangani dengan baik agar mempermudah menghafal pada guru tersebut. b). agar setiap wali murid akan bangga anaknya dapat menghafal Al-Qur’an juz 30. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research h). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa Prolematika peserta didik dalam menghafalkan Al-Qur’an juz 30 di Kelas V MINU Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan: Pertama¸dilihat dari problematika peserta didik tingkat menghafal Al-Qur’an peserta didiknya banyaknya ayat-ayat yang sama, malas tidak sabar dan putus asa, sering lupa ayat-ayat yang sudah dihafal, tidak menguasai tajwuid, kemudian dengan menggunakan metode-metode tertentu. Kedua, Upaya untuk mengatasi Problematika menghafal Al-Qur’an biasa mengatur atau meluangkan waktunya untuk menghafal, usia yang ideal bisa sangat penting dalam menghafal, dan dengan metode-metode tertentu agar biasa menghafal dengan cepat dan tepat
24SK2423014.00 | SK PGMI 24.014 BAL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain