SKRIPSI PAI
Korelasi Antara Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Rohis Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK Negeri 1 Pemalang
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik menjadi manusia yang berpengetahuan, beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, dalam pelaksanaan sistem pendidikannya, masih banyak persoalanpersoalan yang muncul sehingga perlu adanya upaya terus menerus untuk menjadikan pendidikan di Sekolah menjadi lebih baik agar para peserta didik dapat mencapai tujuan dari proses pembelajarannya. Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu dari banyak mata pelajaran yang mengalami persoalan dalam pelaksanaannya seperti sedikitnya alokasi waktu jam pelajaran yang menyebabkan mengganggu tercapainya prestasi belajar peserta didik serta kecenderungan yang hanya menitikberatkan pada ranah kognitifnya saja sehingga ranah afektif dan psikomotorik terabaikan. Ekstakurikuler Rohis hadir sebagai faktor eksternal dari lingkungan sekolah untuk membantu peserta didik dalam mengetahui, menguasai serta mengamalkan ajaran-ajaran islam yang diberikan selama proses pembelajaran sehingga dapat membantu mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Rumusan pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana tingkat keaktifan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Rohis (2) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik (3) Apakah ada korelasi antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Kemudian tujuannya adalah untuk (1) Mengetahui tingkah kekatifan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Rohis di SMK N 1 Pemalang (2) Mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (3) Mengetahui hubungan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Kegunaan penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan referensi, motivasi serta inspirasi kalangan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi untuk mendapatkan nilai keaktifan Rohis dan nilai raport Pendidikan Agama Islam semester genap. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji instrumen dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi rank spearman dengan bantuan aplikasi pengolah data statistik yaitu SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keaktifan peserta didik mengikuti ekstrakurikuler Rohis dalam kategori cukup dengan nilai mean/rata-rata 61,52 kemudian nilai terendah 51, nilai tertinggi 70. (2) Presatsi belajar Pendidikan Agama Islam dalam kategori sangat baik yaitu nilai mean/rata-rata 89,76, nilai terendah 73, nilai tertinggi 98 (3) Tidak ada korelasi yang signifikan antara keaktifan mengikuti ekstrakurikuler Rohis dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, dengan hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,412 > 0,05, koefisien korelasi berada pada taraf rendah yaitu -0,158 dan arah hubungan yang didapat negatif, sehingga hipotesis pada penelitian ini tidak terbukti.
24SK2421010.00 | SK PAI 24.010 AIN k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain