SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Dalam Membina efikasi Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal
Efikasi diri (self efficacy) adalah keyakinan atau kepercayaan seorang individu akan kemampuan yang dimilikinya dan dapat mengontrol hasil usaha yang telah dilakukan. Efikasi diri ini merupakan indikator positif untukmelakukan evaluasi untuk mengenal dan memahami kemampuan diri sendi. Peranseorang guru sangan penting dalam membina efikasi diri (self efficacy), dimana guru memberikan strategi yang tepat untuk membina efikasi diri (self efficacy) pada peserta didik kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru dalam membina Efikasi diri (Self Efficacy) peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam membina efikasi diri (Self Efficacy) peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal? Apa saja hasil strategi guru dalam membina efikasi diri (self efficacy) peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan strategi guru dalam membina efikasi diri (self efficacy), untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam membina Efikasi diri peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui Apa saja hasil strategi guru dalam membina efikasi diri (self efficacy) peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendayakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu wali kelas V dan peserta didik kelas V. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen. Adapun untuk teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi guru dalam membina efikasi diri (self efficacy) peserta didik kelas V membawa perubahan pada setiap individunya, dimana peserta didik kelas V MI Islamiyah Kendyakan Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal sudah sangat baik, dimana guru memanfaatkan urutan kegiatan pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran show and tell menambahkan kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran keterampilan berbicara, media yang digunakan dengan menggunakan media visual, memanfaatkan waktu tatap muka dengan semaksimal mungkin, pengelolaan kelas dengan tepat untuk membina efikasi diri (self efficacy) pada peserta didik. Sehingga peserta didik sudah tinggi akan efikasi dirinya, dilihat dengan peserta didik yang aktif di kelas, berani berpendapat, tidak melakukan perbuatan menyontek, peserta didik dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dengan aktif mengikuti ekstraurikuler di sekolah, dan peserta didik mampu berbicara didepan umum (kemampuan public speaking) dengan baik.
24SK2423009.00 | SK PGMI 24.009 SYI s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain