SKRIPSI PGMI
Penerapan Media Audiovisual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Islamiyyah Pucanggading Bandar
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan realitas yang terjadi bahwasannya penggunaan media pembelajaran digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, penggunaan media tidak digunakan pada setiap materi pelajaran. Dalam penggunaan media audio visual terdapat beberapa faktor yaitu faktor penghambat dan pendukung penggunaan media audio visual yang mana dialami oleh beberapa siswa dan guru mata pelajaran akidah akhlak diantaranya yaitu, media yang tersedia, kondisi siswa, rasa percaya diri siswa, mudah dipahami, dana Boss yang dikeluarkan oleh pemerintah, kecerdasan siswa yang berbeda-beda, mengantuk di dalam kelas. Tujuan peneliti ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Islamiyyah Pucanggading Bandar Kabupaten Batang, (2) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran audio visual di MI Islamiyyah Pucanggading Bandar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggunakan metode untuk menggambarkan suatu hasil penelitian dengan pendekatan kualitatif yang digunakan utuk meneliti kondisi obyek ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Islamiyyah Pucanggading Bandar, diantaranya adalah: tidak setiap pelajaran akidah akhlak menggunakan media audio visual. Penerapan media audio visual di MI islamiyyah Pucanggading Bandar ada tiga tahap yaitu perencanaan, penggunaan, dan evalasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat media pembelajaran audio visual, antara lain yaitu faktor pendukung terdiri dari: guru yang mampu mengoperasikan media audiovisual, materi pembelajaran yang mudah dipahami yang disampaikan serta lebih aktif dalam bertanya didalam kelas. Sedangkan faktor penghambat media ini terdiri dari: kondisi siswa yang mudah mengantuk, keterbatasan media yang tersedia di madrasah, kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Selain itu faktor penghambat yang lain yaitu pengantuk di dalam kelas.
24SK2423008.00 | SK PGMI 24.008 SIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain