SKRIPSI PGMI
Pengaruh Pendidikan Pondok Pesantren Minhajul Muta'alimin Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di MI Slafiyah Syafi'iyah Proto 01
Karakter dapat menunjukan tingkah laku siswa yang sebenarnya. Termasuk karakter religious siswa yang akan menentukan karakter keseharian siswa terkait beribadah baik secara vertical maupun secara horizontal. Salah satu tempat untuk menampung pembentukan karakter religious siswa adalah di Madrasah dan di Pondok Pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pendidikan pondok pesantren Minhajul Mutaalimin terhadap karakter religious siswa MI Salafiyah Syafiiyah Proto. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi MI Salafiyah Syafiiyah Proto 01 yang berjumlah 362 siswa yang dipilih dengan teikhnik Purposivei Sampling untuk pengambilan sampelnya, yaitu 40 siswa berdomisili di Ponpes Minhajul Mutaalimin. Adapun untuk tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang pengaruh Pendidikan di Pondok Pesantren Minhajul Mutaalimin terhadap karakter religius siswa Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafiiyah Proto 01 menunjukan bahwa Pendidikan di Pondok Pesantren Minhajul Mutaalimin berada dalam kondisi sangat baik dengan presentase 82% sedangkan karakter religius siswa MI Salafiyah Syafiiyah Proto 01 berada dalam kondisi sangat baik dengan presentase 53%. Berdasarkan hasil pengujian reliabilitas, variable X yaitu Pendidikan pondok pesantren minhajul mutaalimin menunjukan angka 0,843 sedangkan variable Y yaitu pembentukan karakter religius menunjukan angka 0,833. Hasil pengujian lebih besar dari 0,70 maka seluruh item dinyatakan reliabel. Adanya pengaruh Variabel Pendidikan Pondok Pesantren Minhajul Muta’alimin terhadap Variabel Pembentukan Karakter Religius Siswa MISS Proto 01 diperoleh dengan nilai sig 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3,592 > t table dengan total responden 40 dan taraf signifikan 0,05 yaitu 1,684. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis maka Pendidikan Pondok Pesantren berpengaruh terhadap Pembentukan karakter religius, sehingga hipotesis yang diajukan (Ha) yang menyatakan Pendidikan Pondok Pesantren berpengaruh terhadap Pembentukan karakter religius diterima.
24SK2423006.00 | SK PGMI 24.006 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain