SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Groovy Hydroponics Pekalongan
Keputusan pembelian merupakan sikap seseorang untuk membeli atau menggunakan suatu produk baik berupa barang atau jasa yang diyakini akan memuaskan dirinya. Dalam memutuskan membeli sebuah produk harus ada kesediaan menanggung resiko yang mungkin ditimbulkan. Keputusan pembelian termasuk dalam perilaku konsumen yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian pada konsumen sayuran Groovy Hydroponics Pekalongan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sayuran Groovy Hydroponics yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti dengan sampel penelitian berjumlah 96 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji regresi linier berganda menggunakan program IBM SPSS Statistics 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada hubungan antar variabel lainnya secara parsial ditemukan adanya pengaruh signifikan antara harga dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh simultan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Achmad, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Pakcoy Hidroponik di Lotte Mart The Park Mall Sukoharjo. Universitas Negeri Sebelas Maret.
Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30.
Anggraini, M., Firiani, & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Media Sosial, Word of Mouth terhadap Keputusan Pemebelian pada Generasi Milenial. 6. https://www.ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/117
Anoraga, B. J., & Iriani, S. S. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 139. https://doi.org/10.26740/bisma.v6n2.p139-147
Antika, W., & Setiadi, Y. W. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Hidroponik (Studi Kasus pada Central Hidroponik Kota Bengkulu). (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 426–436. https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1738
Armiriawan, F. N. (2021). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Hidroponik di Kota Surakarta. Universitas Negeri Sebelas Maret.
Azhari, P. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Alfamart Kota Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.
Baihaky, S., Yogatama, A. N., & Mustikowati, R. I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang. JISOS Jurnal Ilmu Sosial, Vol.1(No. 2).
Bangun, P. A., & Nuswantara, B. (2020). Hubungan Antara Marketing Mix dengan Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Kios Granari Fresh Semarang. Agrika, 14(1), 1. https://doi.org/10.31328/ja.v14i1.1023
Bawono, A. (2016). Multivariate Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.
BPS Kota Pekalongan. (2021). Luas Penggunaan Tanah 2018-2020. https://pekalongankota.bps.go.id/indicator/153/116/1/luas-penggunaan-tanah.html
BPS Provinsi Jawa Tengah. (2022). Produksi Tanaman Sayuran Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Tanaman (kuintal) di Provinsi Jawa Tengah, 2020 dan 2021. https://jateng.bps.go.id/statictable/2022/03/15/2535/produksi-tanaman-sayuran-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-tanaman-kuintal-di-provinsi-jawa-tengah-2020-dan-2021.html
Cahyo, D. N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Hidroponik di Desa Panggungharjo Sewon Bantul. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha.
Chaniago, J. (2010a). Download Tabel F Lengkap. https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/04/22/download-tabel-f-lengkap/
Chaniago, J. (2010b). Download Tabel R Lengkap. https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/24/download-tabel-r-lengkap/
Chaniago, J. (2010c). Download Tabel t untuk d.f 1-200. https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/04/21/download-tabel-t-untuk-d-f-1-200/
Cook, S. (2004). Customer Care Excellence. PPM.
Cristo, M., Saerang, D. P. E., & Worang, F. G. (2017). The Influence of Price, Service Quality, and Physical Environment on Customer Satisfaction. Case Study Markobar Cafe Mando. 5(2), 613–633. https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.15962
Darmawan, D. (2013). Metode Peneltian Kuantitatif (P. Latifah, Ed.). Remaja Rosdakarya.
Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/vcsg3
Dasipah, E., Budiyono, H., & Julaeni, M. (2010). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Sayuran di Pasar Modern Kota Bekasi. CEFARS: Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, Vol. 1(No. 2).
Fuad, M., Christine, Nurlela, Sugiarto, & Paulus. (2006). Pengantar Bisnis (Cetakan Kelima). Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Universitas Diponegoro.
Gujarati, D. N., Porter, D. C., & Mardanugraha, E. (2015). Dasar-Dasar Ekonometrika (S. Warhani & C. Mangunsong, Trans.; Edisi 5). Salemba Empat.
Haritsi, J. bin A. A. (2006). Fiqih Ekonomi Umar bin Al-Khattab (A. S. Zamakhsyari & M. Ihsan, Trans.; Cet. 1.). Pustaka Al-Kautsar.
Hermawan, H. P. (2020). Pengarh Materialisme, Prestise, dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Boss’a Bistro & Cafe’ Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.
Hidayat, M. (2010). Introduction to The Sharia Economic: Pengantar Ekonomi Syariah (Cet 1). Zikrul Hakim.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed., Vol. 1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran: Membangun Merek yang Kuat (13Ed ed.). Erlangga.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Graha Ilmu.
Lameshow, S., Hosmer J, D. W., & Lwanga, S. K. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Gajah Mada University Press.
Latan, H., & Temalagi, S. (2013). Analisis Mutivariate dan Aplikasi Menggunakan Program IBM SPSS 20.0. Alfabeta.
Layyin, F. F. (2012). Analisis Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Lingga, P. (1992). Hidroponik: Bercocok Tanam Tanpa Tanah (Cet. 8). Penebar Swadaya.
Muslikhul, A. (2021). Pengaruh Konsep Diri, Kelompok Referensi, dan Literasi Ekonomi Syariah Terhadap Perilaku Konsumsi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Angkatan 2017). IAIN Pekalongan.
Muslimin, S., Zainab, Z., & Jafar, W. (2020). Konsep Penetapan Harga Dalam Perspektif Islam. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37146/ajie.v2i1.30
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/686
Nasution, S. M. A. (2017). The Effect of Price and Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Customer Waroeng Steak and Shake Medan. https://jurnal.usk.ac.id/AICS-Social/article/view/10301/8665
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinuligga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Johannes, R., Kristia, Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen. PT. Nasya Expanding Management.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Parhusip, A. A. (2018). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen untuk Membeli Sayuran Hidroponik di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. KINERJA, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445
Pramesti, G. (2018). Mahir Mengolah Data Penelitian dengan SPSS 25. PT. Elex Media Komputindo.
Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Gava Media.
Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9), 622. https://doi.org/10.20473/vol1iss20149pp622-635
Qurthubi, I. A. (2007). Tafsir Al-Qurthubi (A. H. Fathurrahman, Trans.). Pustaka Azzam.
Rahimah, Z. (2022). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup, dan Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Wardah oleh Mahasiswi UIN Antasari Banjarmasin. UIN Antasari Banjarmasin.
Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Handphone. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2016). The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value. IISTE: Journal of Marketing and Consumer Research. https://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/334
Riofita, H. (2013). Sistem Ekonomi Islam. PT. Sutra Benta Perkasa.
Robbi, B. (2019). Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Pada Feleza Hidroponik Dalam Menghadai Revolusi Industri 4.0 di Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (Edisi I). ANDI.
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. PT. Elex Media Komputindo.
Saodah, D. S., & Malia, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). AGROSCIENCE (AGSCI), 7(1), 178. https://doi.org/10.35194/agsci.v7i1.51
Sari, G. L., & Supiandi. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Darul Qur’an Bengkel. Retorika: Jurnal of Law, Social, and Humanities, 1(1), 36–42.
Shiffman, & Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen (Z. Kasip, Trans.). PT Indexs.
Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. PT Gramedia Pustaka Utama.
Simamora, B. (2022). Panduan Riset Perilaku Konsumsi. PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori & Implementasi (Ed.1). C.V ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis Untuk Skripsi, Thesis, dan Disertasi. Andi Offset.
Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. PT Buku Seru.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran (Vol. 2). Ghalia Indonesia.
Syarifudin, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada penyewaan Layos AM Pemalang). IAIN Pekalongan.
Syukron, A. (2014). Pengantar Manajemen Industri. Graha Ilmu.
Tandjung, J. W. (2004). Marketing Management: Pendekatan Nilai-nilai Pelanggan. Banyumedia.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi III). CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa—Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. CV Andi Offset.
Triana, L., Rina, S., & Hidayat, R. (2017). Kajian Usaha Tani Sayuran Hidroponik di Kota Padang. Universitas Andalas Padang.
Wandhasari, N. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Lantansa Bakery Surakarta. Universitas Negeri Sebelas Maret.
Wijaya, E. S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Buah dan Sayuran di Transmart Padang. Universitas Andalas Padang.
Zainal, V. R. Z., Antonio, M. S., & Hadad, M. D. (2014). Islamic Business Management: Praktik Bisnis Yang Sesuai Syariat Islam. BPFE.
23SK2341491.00 | SK EKOS 23.491 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain