SKRIPSI EKOS
Determinan Impulse Buying Pada Produk Oriflame di Kabupaten Batang
Determinan Impulse Buying Pada Produk Oriflame Di Kabupaten Batang. Produk kecantikan sangat populer di kalangan masyarakat saat ini. Banyak dari kita menginginkan kulit yang sehat, berseri, bercahaya atau glowing. Menurut riset yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index periode Juli-September 2019, wanita Indonesia membelanjakan hingga 30% pendapatan bulanannya untuk kecantikan dan fashion. Gen Z menghabiskan hampir seluruh pendapatannya untuk kecantikan. Perawatan kulit atau yang lebih dikenal dengan skin care ini sedang booming karena belakangan ini banyak sekali minat terhadap perawatan kulit wajah dan tubuh. Karena situasi ini, berbagai merek produk kecantikan bermunculan di pasaran. Hal ini memaksa para pemilik bisnis kecantikan atau perawatan kulit untuk bersaing dalam hal kualitas produk, citra merek, harga yang bersahabat dengan konsumen, dan beberapa strategi lain digunakan supaya memikat pembeli untuk membeli produk kecantikan yang mereka produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, price discount, sertifikasi halal, dan green marketing terhadap impulse buying pada konsumen produk Oriflame di Kabupaten Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan menggunakan rumus lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, price discount dan green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, sedangkan sertifikasi halal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap impulse buying. Kemudian secara simultan, brand image, price discount, sertifikasi halal, dan green marketing berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying.
Kata Kunci: Impulse buying, brand image, price discount, sertifikasi halal, dan green marketing
DAFTAR PUSTAKA
Aditama, H. P., Hukum, P. S., Hukum, F., & Surakarta, U. M. (2018). Diskon Dalam Perdagangan Ditinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Penerapan Diskon Pada Bisnis Clothing Sukoharjo). Studi Kasus Penerapan Diskon Pada Bisnis Clothing Sukoharjo, 1–12.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes. 179-211, 50(2). https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Ajzen, I. (2005). Attides, Personallity and Behavior. International Journal of Strategic Innovative Marketing, 3, 117–191.
Akhyar, K. F., & Pramesti, D. A. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Japanese Food Restaurant Di Magelang). Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 13(2), 617.
Amalia, A., & Markonah. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wardah Di Jakarta. Perbanas Journal Of Islamic Economics & Business, 2(2), 157–166.
Ananda, T. (2021). Pengaruh Religiuitas, Sertifikasi Halal Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Konsumen Es Krim Walls Di Kota Semarang).
http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24729%0Ahttp://repository.unissula.ac.id/24729/1/30401612416_fullpdf.pdf
Budiman, F. (2020). Sertifikasi Halal Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Studi Tentang Keputusan Pembelian Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 379. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1192
Cipta, H., Wdiyawati, L., & Suwangsih, I. (2021). Pengaruh Harga Diskon , Citra Merek , dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pembelian di Shopee. 9(2), 46–62.
Dewi, M., & Kurniawan, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying Konsumen Produk Oriflame Di Kota Langsa. Niagawan, 10(3), 260. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i3.28488
Ercis, M. S., & Kalafat Cat, A. (2019). Green Marketing and the Green Product Buying Behaviors of Consumers: An Application in Ataturk University. Online Journal of Communication and Media Technologies, 6(2), 59–73. https://doi.org/10.29333/ojcmt/2547
Faridah, H. D. (2019). Sertifikasi Halal di Indonesia: Sejarah, Perkembangan, dan Implementasi. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 68–78.
Fat’uliya. (2020). Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Impulse Buying Pada Baskin Robbins Banjarmasin (Vol. 5, Issue 3).
Guspul, A. (2018). Pengaruh Strategi Green Marketing Pada Bauran Pemasaran Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus Pada Club Sehatway Di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(1), 107–122. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i1.455
Janah, Y. K., & Nugroho, R. H. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Pembelian Ulang Pada Produk Brand Avoskin (Studi Pada Konsumen Di Kota Surabaya). JEAM, 22(1), 1–23.
Jayanegara, B. P., & Siagian, D. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Belanja Online Di Blibli. 1–27. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/1985/
Komala, C. (2019). Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248. https://doi.org/10.15575/jp.v2i2.31
Kotler, P., & Amastrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12 (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed., pp. 1–367). Penerbit Erlangga.
Kristiawan, A., Gunawan, I., & Vinsensius, V. (2018). Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 30–44. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.181
Kurniasih, L., & Maulana, A. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Pada Tokopedia Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pengguna Tokopedia Di Karawang). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2568/http
Kurniati, R. (2021). Pengaruh Persepsi Harga , Persepsi Kualitas Produk , Kemenarikan Promosi , dan Uang Saku yang Memengaruhi Impulse Buying dalam Penjualan Online pada Siswa IPS SMAN 4 Malang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 1(6), 694–702. http://conference.um.ac.id/index.php/esp/article/view/2136
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Pertama, Issue April). Pandiva Buku.
Mariana, T., Suhartanto, D., & Gunawan, A. I. (2020). Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1180–1185.
Ode Asriana, W., & Nurrofi, A. (2019). Pengaruh Price Discount, Sales Force Capability Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Plaza Simpang Lima Semarang. Bisnis STIE Anindyaguna, 1Ode Asria(2), 14–31. https://jurnal.stieanindyaguna.ac.id/index.php
Ozturk, R. (2020). Green marketing. Strategic Direction, 24(6), 25–27. https://doi.org/10.1108/02580540810868041
Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459
Prabandari, N. P. A. V., & I.Gst.A.Kt.Gd.Suasana. (2016). Pengaruh Green Marketing dan Service Value Terhadap Impulse Buying pada Manic Organik Restaurant di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 2167–2193.
Pradhana, I. P. D., & Martini, D. A. (2018). Pengaruh Personal Selling , Price Discount , Dan Bonus Pack Program Terhadap Perilaku Impulse Buying Konsumen Produk Oriflame Pada Pt Orindo Alam Ayu Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(1), 88–101.
Priyani, R. A., & Riva’i, A. R. (2023). Pengaruh Konsumsi Hedonis, Promosi Penjualan, Citra Merek dan Diskon Harga Terhadap Pembelian Impulsif Di Marketplace Tokopedia. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(3), 1892–1900.
Rahmawati, R., Nurhasan, R., & Rismanto, H. (2021). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian ( pada Konsumen Air Mineral Ades di Garut ). Journal Of Knowledge Management, 15(1), 014–026.
Ramadhana, I. A. A., Hidayat, Z., & Irwanto, J. (2020). Kombinasi Green Marketing dan Green Product terhadap Keputusan Pembelian Tupperware ( Studi Kasus pada Persit Kodim 0821 Lumajang ). Journal of Organization and Business Management, 3(1), 42–47.
Safa’atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount, Bonus Pack dan Brand Image Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Impulse Buying Pada Produk Oriflame Di Kota Lamongan. II(3), 483–493.
Sari, A. K. (2018). Pengaruh Discount, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying Andini. Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 16. iksandaimul@gmail.com
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043.
https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Body Shop Indonesia (Studi Kasus Pada Followers Account Twitter @TheBodyShopIndo) Cruisietta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(1), 1–9.
Souisa, W. (2022). Pengaruh Flash Sale dan Citra Merek terhadap Pembelian Impulsif Pada Marketplace Lazada. 7(2), 508–514. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2674
Styadi, R. D., & Soekotjo, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Hedonic Shopping Motivation, dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(9), 1–17.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (11th ed.). Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. PUSTAKABARUPRESS.
Suryani, M., Nusaibatul A, N., & H, P. N. (2022). Determinan Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 457–476.
https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.351
Syahrum, & Salim. (2014). Buku Metodologi penelitian kuantitatif.pdf (R. Ananda (ed.)). Citapustaka Media.
Tamba, D. (2019). Aplikasi Theory Of Planned Behavior Untuk Memprediksi Perilaku Mahasiswa Membeli Laptop Lenovo (Studi Kasus: Mahasiswa FE-Unika Santo Thomas SU). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 88–100.
Triana, D. (2017). Analisis Pengaruh Green Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Emotional REsponse Dan Dampaknya Pada Impulse Buying.
Udayani, N. M. S., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Brand Image, Tata Letak Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Di Matahari Department Store Mall Bali Galeria. VALUES, 3.
Umar, N., & Ismawati, I. (2020). Pengaruh Price Discount Dan Strategi Lokasi Terhadap Impulse Buying Pada Swalayan Alfamart Kota Bakti Kabupaten Pidie. Jurnal Sains Riset, 10(2), 140–148.
https://doi.org/10.47647/jsr.v10i2.277
Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803
Yuliarahma, A., & Nurtantiono, A. (2023). Analisis Pengaruh Brand Image, Price Discount, Package Bonuses Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Pada Produk …. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(4), 441–452. https://www.bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/view/4451%0Ahttps://www.bajangjournal.com/index.php/Juremi/article/download/4451/3291
Yusniar. (2021). Fenomena Impulse Buying (Pembelian Tidak Terencana) Pada Praktik Belanja Online Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Keagamaan Dan Ilmu Sosial, 6, 99–121.
ZAP Beauty Index. (2020). ZAP Beauty Index 2020 | 1. ZAP Beauty, 1–36. https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020
23SK2341488.00 | SK EKOS 23.488 WEN d | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain