SKRIPSI EKOS
Pengaruh Harga, Islamic Branding, Kelengkapan Produk, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal di Graha Herbal As-Sunnah Sragi Pekalongan
Pada era sekarang ini, dunia perdagangan mengalami persaingan dalam memasarkan produk ataupun jasa. Munculnya toko ritel dalam industri tertentu telah menciptakan lingkungan bisnis yang kompetetif. Aktivitas pemasaran memberikan andil yang sangat penting dalam dunia bisnis, utamanya orientasinya terhadap konsumen. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyusun strategi yang jitu untuk menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, Islamic branding, kelengkapan produk, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian produk herbal di Graha Herbal As-sunnah Sragi Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen Graha Herbal di wilayah Kabupaten Pekalongan dan luar Kabupaten Pekalongan. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (uji parsial), harga, kelengkapan produk, dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan Islamic branding tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F (simultan), harga, Islamic branding, kelengkapan produk, dan digital marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk herbal di Graha Herbal As-sunnah Sragi Pekalongan.
Kata kunci: Keputusan Pembelian, Harga, Islamic Branding, Kelengkapan Produk, Digital Marketing
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, N., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Islamic Branding Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.259
Amin, M. A. (2019). Pengaruh Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Swalayan Basmalah Cabang Rembang Pasuruan Jawa Timur. Skripsi. Sarjana Manajemen Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Annisa Farhanah, & Achmad Mufid Marzuqi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Herbal Beauty di Kabupaten Sukoharjo. Academia: Jurnal Ilmu Sosial Humaniora, 3(2), 107–123. https://doi.org/10.54622/academia.v3i2.60
Aula, Faruq Hadat. (2022, Agustus 10). Pofil Graha Herbal As-sunnah Sragi Pekalongan. (Izza Faiza, Interviewer).
Bayanuloh, I. (2019). Marketing Syariah.Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Bayu, D. (2022). Sebanyak 86,9% Penduduk Indonesia Beragama Islam.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2015). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective. 10th edition. New York City: McGraw-Hill Irwin.
Dharmayanti, D. L. dan D. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Intelectual Capital dan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1).
Faizah, H., & Masreviastuti, M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 325–328.
Firmansyah, F. dan. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Firmansyah, L. M. (2022). Berapa Pengguna Internet Indonesia per 2022? Berikut Datanya.
Gadeng, T. (2018). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan, Kelengkapan Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Indomaret di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 8(2), 25–37.
Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. 21. Seamarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafidzi, A. A. (2013). Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro ). Skripsi.
Herlina. (2018). Analisis Pengaruh Harga Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala, 13(2), 108–123. https://www.sttmandalabdg.ac.id/ojs/index.php/JIT/article/view/112
Ilham, M. (3 C.E.). Analisis Hubungan Islamic Branding dan Religiositas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Swalayan Al-Baik Tanjungpinang). Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 1, 30–47.
Ilham, M., & Firdaus, F. (2020). Islamic Branding Dan Religiusitas Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Pada Swalayan Al-Baik Kota Tanjungpinang. Perada, 3(1), 29–48.
https://doi.org/10.35961/perada.v3i1.56
Juwardi, R. L. dan. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko H. Uding Cisauk Tanggerang). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1).
Khumairoh, A. N. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Berlabel Halal, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Al-Muslim Mart Kawalu Kota Tasikmalaya). Skripsi. Sarjana Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi.
Kotler, Philip and Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia (edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. dan K. L. K. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kurniaty, K. dan. (2020). Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Toko New Agung Alat Tulis dan Kantor di Makassar. Al-Buhuts, 16(2), 71–90.
Kurniawan, Urip. (2023, Januari 15). Pofil Graha Herbal As-sunnah Sragi Pekalongan. (Izza Faiza, Interviewer).
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Luvitasari, D. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Islamic Branding, dan Islamic Advertising Ethics Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Pemalang).
Skripsi. Saejana Ekonomi Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pekalongan.
Ma’ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta Pusat: PT. Gramedia Pustaka Utami.
Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior. Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17
Mary Wolfinbarger, dan M. C. G. (2003). eTailQ: dimensionalizing, measuring and predicting etail quality. Journal of Retailing, 79(3), 193.
Mowen, J. C. dan M. M. (2002). Consumer Behaviour Alih Bahasa Lina Salim. Jakarta: Erlangga.
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI), 13.
Nasution, A. F. (2020). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Besi Bermula Padang Sidempuan.
http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/12319%0Ahttp://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/12319/2/168320172 - Arif Farhan Nasution - Fulltext.pdf
Nufus, Z. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Konsumen Zadir Hijab Collection Jambi.
Pangestika. (2018). Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui. Jurnal.id.
Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2019). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembalian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160.
https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.345
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.
Priyadi, U. (2016). Pariwisata Syariah (Prospek Dan Perkembangan). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Priyanto, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Purnama, Y. (2022). Islam adalah As Sunnah.
Putri, Prisma Miardi, and R. . M. (2022). Pengaruh Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk (Studi Kasus Minimarket Syariah Kitamart Cibatu Bandung). Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 4(1), 59–85.
Ranto, D. W. P. (2013). Menciptakan Islamic Branding Sebagai strategi Menarik Minat Beli Konsumen. JBMA, 1(2), 6.
Ridwan, F. F., & Nurdin. (2020). Pengaruh Islamic Branding Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk (Studi Kasus Minimarket Syariah Kitamart Cibatu Bandung). Jurnal Hukum Ekonomi Islam, 4(1), 59–85.
Rusmiyanti, Fi. A. (2020). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, Tingkat Religiusitas dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah (Studi kasus pada Mahasiswa IAIN Kudus). Tesis, 1(1), 23.
Sahab, A. (2019). Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik dengan SPSS. Surabaya: Airlangga University Press.
Saputro, widyanto aji, & Laura, N. (2020). Pengaruh Digital Marketing dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian yang Di Moderasi Oleh Citra Perusahaan. Media Manajemen Jasa, 8(2), 1–11.
Sari, C. T. P., & Rizky D. (2023). Pengaruh Store Atmosphere dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Nasional Kitchen di Kota Kupang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4 (3), 2666-2674.
Sastra Millenium, A., Suardana, I. W., & Kusuma Negara, I. M. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali. Jurnal IPTA, 9(1), 173. https://doi.org/10.24843/ipta.2021.v09.i01.p17
Schiffman, G. L. dan L. L. K. (2004). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh Alih Bahasa Drs. Zoelkifli Kasip. Banten: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Sopiah, S. (2008). Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, R. (2021). Pengaruh Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Tangerang Selatan. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 450.
https://doi.org/10.30998/jabe.v7i4.10038
Sutojo, S. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta Selatan: PT Damar Mulia Pustaka.
Tanama, P. B. R. (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Penerbit Udayana.
Utami, R. P., & Irawati, W. (2022). Pengaruh Harga, Label Halal, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Hni-Hpai (Studi Kasus Pada Stokis Center Hni-Hpai Dusun Kanigoro, Desa Puton, Diwek, Jombang). BIMA : Journal of Business and Innovation Management, 4(2), 371–383. https://doi.org/10.33752/bima.v4i2.409
Wati, F. S. (2021). Pengaruh Islamic Branding dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk HNI-HPAI Halal Mart BC Medan 8. Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam, 2(3), 229–242.
Wiranata, I. K. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Quality Product dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti di Holland Bakery BatuBulan. Jurnal EMAS, 2(3), 133–146.
Yudhistira, S. N., Riska P., & Fistiawirzani S. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains dan Terapan, 1 (2), 84-97.
Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Forum Pemuda Aswaja.
23SK2341483.00 | SK EKOS 23.483 IZZ p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain