SKRIPSI EKOS
Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Minat Berbelanja di Pasar Tiban (Studi Kasus Pasar Tiban Dracik Batang)
Kebutuhan manusia tidak terbatas, namun secara tidak sadar manusia memiliki banyak keterbatasan dalam memenuhi kebutuhannya. Pasar tiban merupakan pasar dimana waktu yang dilakukan pada malam hari di berbagai tempat yang sudah ditentukan dari pihak yang menyelenggarakan. Lokasi Pasar Tiban ini terletak di Jl. Kramat Dracik Batang yang pelaksanaannya setiap hari Jumat dibuka dari jam 4 sore sampai 9 malam.
Lokasi berpengaruh terhadap minat berbelanja di pasar tiban karena lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Harga berpengaruh terhadap minat berbelanja di pasar tiban karena harga yang ditawarkan terjangkau untuk semua kalangan. Kualitas produk berpengaruh terhadap minat berbelanja di pasar tiban karena kualitas produk yang ditawarkan sesuai keinginan. Word Of Mouth berpengaruh terhadap minat berbelanja di pasar tiban karena banyaknya konsumen yang datang ke pasar tiban karena rekomendasi dari masyarakat sekitarnya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Lokasi berpengaruh terhadap minat berbelanja di Pasar Tiban. Variabel Harga tidak berpengaruh terhadap minat berbelanja di Pasar Tiban. Variabel Kualitas Produk berpengaruh terhadap minat berbelanja di Pasar Tiban. Variabel Word Of Mouth berpengaruh terhadarp minat berbelanja di Pasar Tiban.
Kata Kunci: Pasar tiban, Lokasi, Harga, Kualitas Produk, dan Word Of Mouth
DAFTAR PUSTAKA
Andanawari, A. R., & KAMAL, M. (2014). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Stove Syndicate Café Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Abdul Latief. (2018).“Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa)”
Fifyanita Ghanimata. (2012). “Analisis pengaruh harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)”
Ghanimata, F., & Kamal, M. (2012). Analisis pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Jefry F.T . Bailia , dkk (2014). “Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasaan konsumen pada warung- warung makan lamongan di kota manado”.
Jonathan Sarwono,(2018). “Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. (Yogyakarta : Suluh Medi).
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadapMinat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1).
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Sosial Media. Bandung : Penerbit Pustaka Setia Bandung.
Rachma, A. A. (2014). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Diponegoro.
Ruri Putri Utami dan Hendra Saputra (2017). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sayuran Organik Di Pasar Sambas Medan”
Utami, R. P. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sayuran Organik di Pasar Sambas Medan (Doctoral dissertation, UNIMED)
Wahyudin (2018) . Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Harga, Lokasi, Dan Kualitas Pasar Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Pon Purwokerto.
23SK2341478.00 | SK EKOS 23.478 FAT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain