SKRIPSI HES
Pemenuhan Hak Konsumen dalam Layanan Service Kendaraan Oleh Pelaku Usaha Bengkel Sepeda Motor di Pemalang
Banyak ikonsumen iyang imasih ibelum isadar iatau ikurang ipeduli idengan iperaturan ihukum berkaitan dengan hak-hak konsumen. iSebagian ibesar ikonsumen itidak imenyadari idan itidak imengabaikan imasalah iyang iterkait idengan ihak-hak imereka iyang iterabaikan. iSalah isatu ikegiatan ipelayanan iadalah ibengkel isepeda imotor. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk imengetahui pemenuhan hak konsumen dalam layanan service; 2) Untuk imengetahui akibat hukum jika terdapat ada pelanggaran pemenuhan hak konsumen dalam layanan service. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pemenuhan hak konsumen dalam layanan service bengkel sepeda motor di Pemalang dapat berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari proses pelaksanaan/mekanisme transaksi service di bengkel berdasarkan atas kesepakatan bersama serta pemberian informasi yang jelas mengenai spart part yang dijual di bengkel sebagian konsumen merasa puas dengan penjelasan spart part yang dijual dibengkel; 2) Akibat hukum karena ada pelanggaran pemenuhan hak konsumen dalam layanan service sepeda motor di Pemalang dengan memberikan ganti rugi terhadap pelanggan dengan memperbaiki kembali tanpa dipungut biaya atau dengan mengembalikan uang yang telah diterima dari pelanggan.
23SK2312106.00 | SK HES 23.106 SAL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain