SKRIPSI PGMI
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Kelas IV di SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan diberbagai jenjang pendidikan serta ilmu yang berhubungan dengan angka-angka, Beberapa peserta didik menganggap bahwa pembelajaran matematika itu sulit untuk dipelajari, serta banyak peserta didik yang mengeluh akan pembelajaran matematika sehingga kurang diminati oleh siswa. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya dan ditandai dengan hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Apa saja kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan pada materi pembagian? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi pembagian kelas IV SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami kelas IV di SDN 01 Lambur dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika materi pembagian kelas IV SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Mengunakan data primer dari guru matematika kelas IV serta siswa kelas IV di SDN 01 Lambur, dan data sekunder yaitu data-data sekolah SDN 01 Lambur serta literatur buku maupun jurnal yang relevan. Peneliti Pengumpulkan data mengunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumtentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pembagian kelas IV di SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan diantaranya kesulitan dalam berhitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, kesulitan dalam pemahaman bahasa matematika yang kurang (kesulitan dalam memecahkan masalah), dan kesulitan dalam mengenal dan memahami simbol matematika. Terdapat 5 siswa yang mengalami kesulitan belajar diantaranya siswa yang berinisial MRF, TAP, CA, MMA, dan ABD, dengan nilai masing-masing 30, 50, 50, 20, dan 60. Sedangkan Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pembagian kelas IV SDN 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan yaitu dengan melakukan penjelasan ulang dan remedial.
23SK2323241.00 | SK PGMI 23.241 FIN a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain