SKRIPSI PGMI
Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 9Subtema 3 Kelas V Di MI Salafiyah Wonorejo Wonopringgo
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya kesadaran guru akan pentingnya metode pembelajaran yang dapat menentukan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Selain itu, adanya siswa yang kurang semangat dan kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Kurangnya tingkat keberanian siswa untuk bertanya, sulitnya siswa memahami materi pembelajaran tematik, yang disebabkan timbulnya rasa bosan siswa terhadap metode ceramah yang monoton. Oleh karena itu guru menerapkan metode diskusi kelompok agar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya, yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MI Salafiyah Wonorejo? Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar siswa MI Salafiyah Wonorejo? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MI Salafiyah Wonorejo? Tujuan penelitian yaitu untuk mengimplementasikan penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MI Salafiyah Wonorejo. Untuk mengetahui meningkatkan keaktifan belajar siswa MI Salafiyah Wonorejo. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di MI Salafiyah Wonorejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Field Research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar menggunakan metode diskusi kelompok pada kelas V di MI Salafiyah ini berjalan efektif dan kondusif dilihat dari hasil observasi, yaitu dapat menyelesaikan permasalahan secara bersama. Metode diskusi ini juga dikatakan efektif karena sebagian siswa berperan aktif dalam diskusi. Penerapan metode diskusi kelompok ini dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran tematik yang awalnya siswa tidak bersemangat menjadi semangat. Ada beberapa faktor pendukunya yaitu motivasi dari guru untuk meningkatkan keaktifan siswa saat diskusi, dan faktor penghambatnya adalah dalam pelaksanaan diskusi kelompok membutuhkan waktu yang cukup lama.
23SK2323239.00 | SK PGMI 23.239 DIA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain