SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Dalam Membangun Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan
Salah satu komponen penting pendidikan ialah guru. Guru adalah seseorang yang mempunyai kedudukan sangat penting, besar, sekaligus sangat strategis bagi peserta didiknya di sekolah. Guru juga merupakan seorang yang mampu memasngun serta dapat membentuk watak dan jiwa anak didiknya. Guru juga diharapkan mampu memasntu tercapainya tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Tak terkecuali dalam proses pengemasngan kecerdasan interpersonal anak. Perlu adanya strategi guru dalam proses pengemasngan kecerdasan ini. Mengenai urgensi kecerdasan interpersonal adalah. Jika seorang anak memiliki kecerdasan interpersonal yang cukup baik maka hal ini dapat mempermudah dalam kehidupan sehari- hari selain itu dengan kecerdasan interpersonal anak mampu mendapat banyak pengalaman lebih dalam hidupnya. Hal ini pula yang mendorong guru di SD Negeri Bendan 01 untuk memasngun berbagai kecerdasan yang dimiliki peserta didiknya. Tak terkecuali dalam ranah kecerdasan interpersonal. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi guru dalam membangun kecerdasan Interpersonal siswa kelas IV di SD Negeri Bendan 01 Pekalongan? 2) bagaimana kecerdasan interpersonal siswa kelas IV di SD Negeri Bendan 01 Pekalongan? 3) apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam membangun kecerdasan Interpersonalsiswa kelas IV di SD Negeri Bendan 01 Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan kecerdasan interpersonal siswa kelas IV di SD Negeri Bendan 01 Pekalongan. 2) untuk mendiskripsikan strategi guru dalam membangun kecerdasan Interpersonal siswa kelas IV di SD Negeri Bendan 01 Pekalongan. 3) untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam membangun kecerdasan Interpersonal siswa kelas IV di SD Bendan 01 Pekalongan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field Research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan/ verifikasi kesimpulan. Strategi yang dilakukan dalam rangka proses membangun kecerdasan interpersonal anak. Seperti metode tutor sebaya yaitu metode yang dilakukan di mana anak yang memilki kemampuan lebih memberikan tutor ataupun mengajari teman yang lain yang mengalami kesulitan. Kedua metode tanya jawab setiap siswa harus memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Ketiga metode diskusi, siswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi positif dengan teman-temannya, metode diskusi mendorong siswa untuk berdialog, berpendapat dan juga belajar menghargai pendapat orang lain. Faktor pendukung dan penghambat dalam hal ini yakni, faktor yang mendukung guru dalam memasngun kecerdasan interpersonal siswa di SD Negeri Bendan 01 ada lima yaitu: motivasi guru, sarana dan prasarana yang ada di sekolah, metode pembelajaran yang digunakan, kegiatan ekstrakulikuler dan teman. Kemudian faktor yang menghambat guru yakni: minat siswa untuk membangun potensi yang dimilikinya masih rendah, lingkungan keluarga, akibat kesibukan dari orangtuanya masing-masing siswa kurang diperhatikan atau dipedulikan, jam belajar, waktu pembelajaran yang tidak dimaksimalkan, kondisi psikologi siswa. Hal ini menjadi penghambat dalam membangun kecerdasan interpersonal siswa.
23SK2323238.00 | SK PGMI 23.238 BAG s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain