SKRIPSI PGMI
Strategi Guru Mata Pelajaran Surah Dalam Membimbing Hafalan Juz Amma Siswa Kelas IV SD Islam Kergon 02 Pekalongan
Mata pelajaran surah merupakan mata pelajaran yang mengajarkan dan membimbing peserta didik untuk menghafalkan ayat –ayat juz amma. Mata pelajaran surah termasuk dalam mata pelajaran ciri khusus perguruan ma‟had islam. Membimbing peserta didik dalam menghafal juz amma diperlukan strategi menghafal agar memudahkan siswa dalam mencapai target hafalan juz amma. Guru mata pelajaran surah membimbing siswa kelas IV dalam hafalan juz amma dengan membaca juz amma secara klasikal kemudian mengajak siswa untuk mengulang-ulang kembali hafalan juz amma agar tertanam dalam ingatan. Tujuan adanya pembelajaran menghafal juz amma adalah agar siswa tamatan SD Islam Kergon 02 dapat menghafal juz amma. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana strategi guru mata pelajaran surah dalam membimbing hafalan juz amma siswa SD Islam Kergon 02 Pekalongan? Dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membimbing hafalan juz amma siswa SD Islam Kergon 02 Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing hafalan juz amma siswa SD Islam Kergon 02 Pekalongan; untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membimbing hafalan juz amma siswa SD Islam Kergon 02 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Strategi Guru Mata Pelajaran Surah Dalam Membimbing Hafalan Juz Amma Siswa SD Islam Kergon 02 Pekalongan adalah (1) Strategi guru dalam membimbing hafalan juz amma siswa dilakukan dengan 3 langkah yakni membaca juz amma secara klasikal, mengelompokkan siswa serta menyetorkan hafalan juz amma kepada guru. (2) Faktor pendukung guru dalam membimbing hafalan juz amma siswa yaitu adanya minat pada siswa, pemberian motivasi terhadap siswa, adanya komunikasi dengan orang tua serta memberikan kesempatan kepada siswa dalam mencapai target hafalan. Adapun faktor penghambat dalam membimbing hafalan juz amma siswa yaitu kurangnya semangat dalam menghafal, lingkungan serta belum lancarnya membaca ayat-ayat juz amma.
23SK2323237.00 | SK PGMI 23.237 DIA s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain