SKRIPSI PGMI
Implementasi Media Benda Konkret Pada Materi Penjumlahan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 di SD MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan
Tinggi rendahnya nilai hasil belajar siswa tergantung pada proses belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut khususnya pada materi penjumlahan, salah satu yang harus dikembangkan adalah guru dapat menggunakan media yang memanfaatkan benda di sekitar dalam kegiatan belajar. Selama ini metode pembelajaran yang guru gunakan sangat monoton dan membosankan sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Hal tersebut menjadikan guru menggunakan media benda konkret sehingga pada saat proses pembelajaran lebih menarik, mudah dipahami, pembelajaran lebih bermakna dan menjadi lebih konkret untuk siswa kelas 1. Dengan begitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan, dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan implementasi media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan, dan (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu wali kelas 1, dan siswa. Serta data sekunder, yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran, dokumentasi, dan referensi yang relevan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pengimplementasian media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan meliputi 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dan 2) faktor pendukung dari implementasi media benda konkret pada materi penjumlahan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 di MI Walisongo Kranji 02 Pekalongan yaitu tingginya motivasi anak terhadap pembelajaran, serta benda konkret yang mudah didapatkan. Adapun faktor penghambatnya, yaitu siswa yang tidak fokus pada pembelajaran, serta kemampuan kognitif siswa yang berbeda-beda.
23SK2323234.00. | SK PGMI 23.234 ANI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain