SKRIPSI PGMI
Penggunaan Media Sempoa Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampaun Berhitung Pada Siswa Kelas I MII Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung yang dimiliki oleh siswa kelas 1 MI, hal ini dikarenakan kelas 1 adalah masa peralihan siswa dari taman kanak-kanak menuju sekolah dasar, dimana pada masa kanak- kanak kemampuan berhitung anak belum terlalu ditekankan. Oleh karena itu, upaya dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 perlu dilakukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui penggunaan media sempoa, hal ini dilakukan agar siswa dapat memahami konsep berhitung dengan mudah yang kemudian harapannya kemampuan berhitung siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas 1 MII Wiroditan serta bagaimana kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas 1 MII Wiroditan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas I MII Wiroditan serta untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media sempoa dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas I MII Wiroditan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan atau Field Research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sempoa pada siswa kelas 1 MII Wiroditan yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan prosedur yang tepat serta penggunaanya terbukti mampu meningkatkan kemampuan berhitung. Bentuk media sempoa yang unik dan menarik menjadi kelebihan yang dimiliki media sempoa karena mampu meningkatkan rasa antusias dan semangat anak dalam belajar berhitung. Kekurangan dari penggunaan media sempoa yaitu sempoa hanya efektif digunakan untuk belajar berhitung penjumlahan dan pengurangan.
23SK2323230.00 | SK PGMI 23.230 LIS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain