SKRIPSI PGMI
Strategi Tutor Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Mandiri Kepada Peserta Didik Binaan Kelompok Belajar di Yayasan AR Risalah Kota Pekalongan
Latar belakang penelitian ini adalah Karakter merupakan watak, sifat yang tertanam pada diri seseorang yang berasal dari dalam maupun luar. Manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. Dalam membentuk suatu karakter yang baik, salah satunya yakni karakter mandiri pada diri seseorang perlu adanya strategi yang diterapkan. Pada ranah pendidikan strategi pendidik sangat penting untuk menentukan kualitas peserta didik dalam proses pembelajaran, pengembangan potensi, pembentukan karakter, dan lainnya. Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan suatu lembaga pendidikan dengan para pendidiknya memiliki karakter yang baik. Hal itu mampu membantu peserta didik supaya berkarakter baik pula, terlebih lagi pendidik memiliki dampak besar terhadap kemandirian peserta didik. Rumusan masalah dan tujuan yang diambil adalah peran tutor dalam kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan, Proses pendidikan karakter mandiri kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan, dan strategi tutor dalam menanamkan pendidikan karakter mandiri kepada peseta didik binaan Kelompok Belajar di Yayasan Ar-Risalah Kota Pekalongan Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tutor berperan menerapkan karakter mandiri sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam proses secara langsung. Seperti halnya tindakan yang memberikan pengaruh yang besar terhadap sifat kemadirian peserta didik. Proses pembelajaran tutor juga menggunakan berbagai variasi metode pembelajaran. Namun pada pelaksanaan pembelajaran metode yang digunakan pembelajaran diselingi dengan permainan. Hal itu menyebabkna proses pembelajaran sangat disenangi dan cenderung tidak membosankan.Strategi tutor dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik diantaranya seperti memberikan peneladanan serta motivasi kepada peserta didik agar senatiasa berperilaku mandiri, pengintegrasian melalui pembelajaran yang tepat, dan membiaskan kepada peserta didik untuk berperilaku mandiri. Adanya strategi yang digunakan oleh tutor tersebut mampu membuat peserta didik memiliki karakter mandiri yang baik.
23SK2323223.00 | SK PGMI 23.223 CHO s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain