SKRIPSI PGMI
Penanaman Karakter Disiplin Siswa Melalui Penggunaan Media Buku Kendali di SD Negeri Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Penanaman karakter disiplin menjadi hal yang penting bagi anak usia sekolah dasar untuk memperoleh pengalaman yang berorientasi pada sikap dan tindakan. SD Negeri Candi berupaya untuk merevitalisasi penanaman dan menguatkan kembali karakter disiplin siswa pascapandemi Covid-19 yang dirasa berkurang dengan kegiatan rutin dan pembiasaan beribadah dengan program penggunaan media buku kendali yang saat ini sudah berjalan selama dua tahun. Adanya media buku kendali bertujuan untuk menjaga konsistensi penanaman kedisiplinan antara kegiatan siswa di sekolah dan di rumah. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penanaman karakter disiplin siswa melalui penggunaan media buku kendali di SD Negeri Candi? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman karakter disiplin siswa melalui penggunaan media buku kendali di SD Negeri Candi?. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin menggunakan media buku kendali di SD Negeri Candi 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman karakter disiplin menggunakan media buku kendali di SD Negeri Candi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang menggunakan langkah-langkah seperti: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter disiplin di SD Negeri Candi melalui media buku kendali berupa pelaksanaan pembiasaan hafalan doa harian dan surat pendek, laporan salat fardu dan salat sunah, laporan mengaji dan laporan belajar menghasilkan perubahan seperti: a) peningkatan disiplin beribadah siswa, b) peningkatan disiplin waktu misalnya dalam mengatur waktu hafalan rutin dan waktu salat, c) peningkatan disiplin belajar, d) peningkatan disiplin sikap dan e) membentuk karakter dan nilai positif lainnya seperti karakter religius, tanggung jawab dan jujur. Adapun faktor pendukungnya antara lain: Dukungan penuh dari pihak sekolah baik dari kepala sekolah maupun guru, keterlibatan orang tua, dan ketersediaan media buku kendali sebagai alat pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari lingkungan siswa di luar sekolah seperti pengaruh teman sebaya, kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan kegiatan di buku kendali dan keterbatasan waktu pengecekan.
23SK2323220.00 | SK PGMI 23.220 LEN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain