SKRIPSI PGMI
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI Soko Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya kasus yang yang menggambarkan kurangnya karakter pada peserta didik di Indonesia, sehingga seringkali tindakan yang dilakukan oleh kalangan pelajar tersebut ditujukan kepada pihak pendidik yang dinilai gagal dalam mendidik peserta didik. Seperti di MI Soko Pekalongan sudah menerapkan pendidikan karakter dengan disertai profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter siswa di MI Soko Pekalongan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Soko Pekalongan dengan mengambil informan dari kepala sekolah, guru kelas dan beberapa siswa kelas IV. Tujuan dari penelitian yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter siswa di MI Soko Pekalongan (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter siswa di MI Soko Pekalongan (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter siswa di MI Soko Pekalongan (4) Untuk mendeskripsikan apa saja problematika yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di MI Soko Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil data di MI Soko Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman dengan cara mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter siswa di MI Soko Pekalongann bahwa implementasi sudah dilaksanakan dengan baik dimulai dari perencanaan seperti kesiapan sekolah dan perencanaan dokumen seperti Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, alur tujuan pembelajaran, kriteria ketercapaian pembelajaran, modul ajar, dan merancang proyek profil pancasila. Pelaksanaan yang dilakukan sudah cukup baik, yaitu dengan melaksanakan sesuai prinsip pembelajaran kurikulum merdeka, kemudian juga melakukan pembentukan karakter sesuai dengan karakter profil pelajar pancasila. Dalam pelaksanaannya juga terdapat problematika yang dihadapi seperti kompetensi guru yang masih minim dan manajemen waktu namun dapat diatasi dengan solusi yaitu guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka dan dengan bertanya kepada sekolah yang sudah terlebih dahulu menerapkan, juga dengan membuat catatan manajemen waktu.
23SK2323219.00 | SK PGMI 23.219 TRI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain