SKRIPSI EKOS
Strategi Pemasaran Coffee Shop "WARKEB Flamboyan" Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Menjamurnya kedai kopi, menyebabkan adanya persaingan secara tidak langsung antara kedai kopi satu dengan yang lain. Hal ini sejatinya membutuhkan adanya perhatian khusus bagi para pelaku bisnis dalam mengahadapi persaingan yang masif. Pemasaran merupakan salah satu hal yang vital bagi pelaku usaha. Strategi pemasaran dapat dikatakan sebagai salah upaya yang dilakukan guna melayani konsumen secara langsung. Adapun dalam menjalankan bisnis, salah satu faktor yang tidak kalah penting bagi seorang musli adalah dengan melakukan bisnis berdasar pada norma atau etika. Hal tersebut bertujuan agar pelaku bisnis tidak melanggar dari apa yang telah ditetapkan dan diajarkan oleh agama. Maka darinya, dalam hal ini, peneliti akan meneliti bagaimana strategi pemsaran dalam perspektif Etika Bisnis Islam. Adapun objek dalam penelitian ini yakni Coffee Shop “Warkeb Flamboyan”.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran di Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Adapun hasil dalam penelitian ini, yakni strategi pemasaran pada Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” dapat ditinjau berdasar pada bauran pemasaran 4P yang diantaranya yakni, Pertama, Price/ Harga, Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” menetapkan harga yang kurang lebih sesuai dengan rata-rata harga yang ditawarkan di beberapa kedai kopi lain. Kedua, Product/Produk, Produk yang ditawarkan dalam kedai kopi ini juga dapat dibilang beragam. Ketiga, Place/ Tempat, Pemilik kedai tersebut meyakini bahwa suasana yang berbeda merupakan salah satu hal yang ingin ditawarkan. Keempat, Promosi, Promosi yang digalakkan oleh Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” adalah dengan memasarkan produknya ke berbagai platform media sosial. Salah satu diantaranya yakni melalui media sosial Instagram. Berdasar pada prinsip dalam etika bisnis Islam yang di dalamnya mencakup kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan juga kebenaran: kebaikan dan kejujuran, dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam Coffee Shop “Warkeb Flamboyan” sesuai denga napa yang menjadi prinsip- prinsip dalam etika bisnis Islam.
Kata kunci: Strategi pemasaran, Coffee Shop, Warkeb Flamboyan, Etika bisnis Islam
DAFTAR PUSTAKA
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press
Aliyah, K. N. (2019). Studi Prinsip Dasar Etika Bisnis Islam Terhadap Implementasi Biometrika Neuromarketing dalam Strategi Pemasaran. Tesis, Magister Ekonomi Syraiah UIN Sunan Ampel. Surabaya.
Aliyah, K. N. (2020). Etika Bisnis Islam dalam Implementasi Teknologi Neuromarketing pada Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 69–86.
Amir, A., Junaidi, & Yulmardi. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. Bogor: IPB Press.
Anita. (2020). Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Strategi Pemasaran PT. TOYOTA Hadji Kalla Kota Parepare. Skripsi, Ekonomi Syariah IAIN Parepare. Parepare.
Arikunto, S. (1995). Dasar-Dasar Reseach. Bandung: Tarsoto.
Assifa, S. N., Suprihatin, T., & Eprianti, N. (2020). Tinjauan Prinsip Etika Bisnis Islam pada Strategi Pemasaran di Restoran Royal Kashimura Bandung. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), 205–208.
Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee. Humani (Hukum Dan Masyarakat Madani), 10(1), 83–96.
Darmawati. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an dan Sunnah. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 3, 58–68.
Dayat, M. (2019). STRATEGI PEMASARAN DAN OPTIMALISASI BAURAN PEMASARAN DALAM MEREBUT CALON KONSUMEN JASA PENDIDIKAN. Jurnal Mu’allim, 1(2), 299–318.
Efendy, L. A. S., Lapian, S. L. H. V. J., & Soepeno, D. (2022). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA NOMAD COFFEE SHOP. Jurnal EMBA, 10(2), 135–143.
Emzi. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisa Data. Jakarta: Rajawali Press.
Haque-fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascals Books.
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PERUSAHAAN DENGAN MENETAPKAN ALUMNI DAN MAHASISWA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA SEBAGAI OBJEK PENELITIAN. BINUS BUSINESS REVIEW, 3(2), 882–897.
Hartono, J. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Hasanah, R., Nobelson, & Rosali. (2020). STRATEGI PEMASARAN UMKM COFFEE SHOP (STUDI KASUS PADA COFFEE WAR, KEMANG). PROSIDING BIEMA: Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1, 514–531.
Hidayat, R. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). Tesis, Ekonomi Syariah, IAIN Batusangkar.
Hulaimi, A., Sahri, & Huzaini, M. (2017). ETIKA BISNIS ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG SAPI. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(1), 17–32.
Kriyantoso, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Latifa, N. H., & Rochdiani, D. (2019). Kajian Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi Kadaka Cafetaria di Kota Bandung. Agricore: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD, 4(1), 642–651.
Lie, F. B., Lumanauw, B., & Raintung, M. C. (2021). ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ( 4P ) TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MOTOR YAMAHA PADA PT . HASJRAT ABADI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA KOTAMOBAGU. Jurnal EMBA, 9(4), 1239–1248.
Mas’ari, A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 5(2), 79–86.
Masykuroh, N. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM. Banten: Media Karya Publishing.
Maulana, A., & Bahri, M. A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran CV Hilla Terop dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. JURNAL MANAJEMEN, 14(2), 503–509.
Melati. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Moloeng, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nabilla, A. G., & Tuasela, A. (2021). STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA DIVA KARAOKE RUMAH BERNYANYI DI KOTA TIMIKA. Jurnal Kritis, 5(2), 21–40.
Noor, Z. Z. (2021). Buku Referensi Strategi Pemasaran 5.0. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Nugroho, A., & Arijanto, A. (2015). Etika Bisnis (Bussines Ethic): Pemahaman Teori secara Komprehensif dan Implementasinya. Penerbit IPB Press. Bogor.
Nurhasanah, Luthfi, A., & Jalil, A. (2020). STRATEGI PEMASARAN WARUNG KOPI H. ISMAIL DALAM MENINGKATKAN DAN MEMPERTAHANKAN KONSUMEN MENURUT TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 20–34.
Palupi, W. P. (2013). Harta dalam Islam (Peran Harta dalam Pengembangan Aktivitas Bisnis Islami). At-Tahdzib, 1(2).
Qulub, F. M. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Weedee Store Paperbag Di Desa Kandangmas). Skripsi, Manajemen Bisnis Syariah, IAIN Kudus.
Ridwan, M., & Hanafiah, H. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KEDAI KOPI OM BEWOK. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneuship and Finance, 1(3), 274–283.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (Eds.). (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.
Suprayogo, I., & Tobroni. (2001). Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakrya.
Surianti, Azis, A. S., & Mirwan. (2022). STRATEGI PEMASARAN KUE TAR DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS LESTARI CAKE CABANG WONOMULYO DI KECAMATAN WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR). Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 142–149.
Susminingsih. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM (I. Kanafi & M. Nasrudin (Eds.)). Pekalongan: Penerbit NEM.
Trihastuti, A. E. (2021). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278.
Vandita, L. Y. (2021). STRATEGI PEMASARAN PERSFEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 126–133.
23SK2341471.00 | SK EKOS 23.471 MZA s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain