SKRIPSI EKOS
Pengaruh Perceived Price dan Perceived Usefulness Terhadap Purchase Intention Generasi Z Pada Tiktokshop Dengan Facilitating Conditions Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2019 FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Perkembangan teknologi saat ini telah mengalami kemajuan yang pesat, mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan. Salah satu contohnya ialah belanja guna memenuhi kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melalui smartphone saja, tanpa harus keluar dari rumah. Banyak dari layanan ecommerce yang menawarkan berbagai kemudahan agar konsumen semakin tertarik untuk menggunakan layanannya. Salah satunya ialah TikTok Shop. TikTok Shop merupakan fitur dari aplikasi TikTok yang berfokus pada proses jual beli secara online. TikTok Shop ini semakin digemari oleh generasi Z. Ketertarikan generasi Z dalam menggunakan TikTok Shop tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah Perceived Price dan Perceived Usefulness berpengaruh terhadap Purchase Intention generasi Z pada TikTok Shop dengan facilitating conditions sebagai variabel moderating.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan sebanyak 139 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dan moderated regression analysis dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Price dan Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Purchase Intention. Kemudian, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Facilitating Conditions mampu memoderasi secara positif hubungan Perceived Price dengan Purchase Intention, tetapi Facilitating Conditions tidak mampu memoderasi hubungan Perceived Usefulness dengan Purchase Intention.
Kata Kunci : Facilitating Conditions, Purchase Intention, Perceived Price, Perceived Usefulness dan Purchase Intention
DAFTAR PUSTAKA
Aaron, C., Harjanti, D., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2021). Pengaruh Price Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Dan Perceived Risk Sebagai Variabel Mediasi Pada Layanan Cuci Mobil “ Flex Car Detaling ” Di Surabaya. 9(1).
Abdurrahman, & C. (2022). Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi.
Adi Cakranegara, P., Budiasih, Y., Tannady, H., & Totok Suyoto, Y. (2022). Analysis Of The Effect Of Perceived Value And Brand Image On Netflix Service Purchase Decisions Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 3238–3247. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Amalia, M. S. (2022). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Intensi Kelanjutan Penggunaan Social Commerce Menggunakan Technology Continuance Theory (TCT) Dan Usability.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Anwar, M. S. (2022). pengaruh diskon harga,Endorsement,dan viral marketing terhadap keputusan pembelian di tiktok shop. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Arifin, S., Suharyono, & Wilopo. (2018). Pengaruh Perceived Price dan Perceived Value Pada Produk Bundling terhadap Minat Beli (Survei Minat Beli Handphone Blackberry-Indosat Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 1 No. 2, 1(2).
Ariyanti, K. A. (2019). Pengaruh E-Wom dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Trust (Studi Pada Konsumen Produk Fashion E-Commerce Zalora). Universitas Islam Sultan Agung.
Bryan, B., & Haryadi, E. (2018). Analisis Pengaruh Variabel Moderasi Switching Costs Terhadap Hubungan Service Performance Dan Customer Loyalty Member Celebrity Fitness Jakarta. Jurnal Manajemen, 15(1), 52–71. https://doi.org/10.25170/jm.v15i1.98
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus. www.mitrawacanamedia.com
Cruz, A. P. S. (2013). Processing Data Penelitian Kuantitatif Menggunakan Eviews. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dataindonesia.id. (2022). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada Tahun 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022.
Diakses pada 07 Januari 2022 Pukul 21.30
Dewi, A. K., Artanti, Y., Manajemen, J., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., & Timur, J. (2020). Peran Online Customer Review , City Image dan Perceived Price terhadap Purchase Intention pada Wisata Kuliner Surabaya. 9(1), 88–100.
Effendi, A. (2018). Pengaruh Reference Group, Brand Equity, dan Perceived Price Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Takwa Di Kediri.
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.
Fakhruddin&Fiernaningsih. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Lkd Multi Industri Di Kota Batam. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(2), 5–24.
Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI). Fundamental Management Journal, 1(1), 40–53.
Ferghyna, F., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2020). Pengaruh Facilitating Conditions dan Behavioral Intention terhadap Use Behavior pada Pengguna Aplikasi BNI Mobile Banking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 3201–3208. http://j-ptiik.ub.ac.id
Gusni, G., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude dan Actual Usage Go-Pay. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 22–33.
https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3892
Halim, F., Augustinah, F., Vidyanata, D., Sherly, S., & Sudirman, A. (2022). Determinants of Intention to Use the TikTok Application among Generation Z. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 721.
https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.977
Hansudoh, S. A. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention. Manajemen Pemasaran, 12(1), 53–59.
Harahap, T. R., Sitio, R., & Mazidah, H. (2022). The Influence of Ease of Use , Social Media , Price , and Consumer Trust on Purchase Intentions Using the TikTok Shop by Labuhanbatu Students. Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(6).
Hardianto, R., Filtri, H., Kehutanan, P., Lancang, U., Teknik, P., Universitas, I., Kuning, L., Pendidikan, P., Usia, A., Universitas, D., Kuning, L., Logic, F., & Mamdani, M. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid-19. 3(1), 130–142.
Huddin, M. N., Masitoh, M. R., & Ikhsan, K. (2022). Kemudahan penggunaan, facilitating condition, keamanan teknologi dan compatibility terhadap niat menggunakan pembayaran mobile di Indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 131. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i2.5764
Iskandar, Jaya, A., Warti, R., & Zaini. (2022a). Statistik pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS) (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Iskandar, Jaya, A., Warti, R., & Zaini. (2022b). Statistik Pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS). In Media Akademi (Issue February).
Kristiani, N., & Putri, S. W. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Playfulness Terhadap Intention To Use Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Masa Pandemi Covid 19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 162. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021
Lagita, L., & Briliana, V. (2018). Pengaruh Customer Satisfaction, Adjusted Expectation, Perceived Value, dan Perceived Usefullness Terhadap Online Repurchase Intention pada Pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.55601/jwem.v8i1.528
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2), 90–97.
Louis Loudevik Marciano, et, A. (2022). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Terhadap Minat beli Pada Sayurbox. 8(2), 80–91.
https://doi.org/10.9744/jmhot.8.2.80
Made, D., Purnama, F., Marcelina, I. L., & Nasional, U. P. (2022). Peran Costumer Intention Dalam Memediasi Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Price Terhadap Buying Decision Konsumen Youtube Premium Di Bali. 16(2).
Mahyarni, D. (2015). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Histori Tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13–23. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/13
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Pukesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat). Avesina, 13(1), 19–23.
Meiriza, A., & Sawitri, R. (2023). Analisis Faktor Penerimaan TikTok Shop berdasarkan Model UTAUT2 dan SCC. 01, 33–44.
Mirnawati, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada WYD (Wear Your Design) Distro Palangka Raya. 195.
Natoen, A., AR, S., Setiawan, I., & Periansya. (2018). Faktor-faktor demografi yang berdampak terhadap kepatuhan WP badan (UMKM) di kota Palembang. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 101–115.
Nindya, D. R. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Individu Dalam Membeli Produk Asuransi Secara Online. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 1(1), 65–82.
Nofiyanti, & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(April), 281–290.
Noviarni. (2017). Pengaruh Percieved Ease Of Use dan Percieved Usefulness Terhadap Intention to use E-Wallet (Studi Pada Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang). 12–35.
Nurdian, G. (2022). Data E-Commerce Indonesia 2022. https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/?amp=1. Diakses pada 07 Januari 2022 Pukul 15.04.
Nuzulia, F. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi User Acceptance Terhadap Implementasi Enterprise Resource Planning Menggunakan Model UTAUT (Studi Pada PT Angkasa Pura I (PERSERO)). 5(1), 33–52.
Oktania, D E, & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Compatibility Lifestyle terhadap Intention to Use Fitur Social Commerce (Studi Pada Pengguna Media Sosial TikTok). Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 67–82.
Oktania, Dyan Erlyn, & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Percieved Ease of Use dan Compatibility With Lifestyle Terhadap Niat Beli di Social Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 255–267.
Pardede, R., Manajemen, M., Mulia, U. B., Haryadi, T. Y., Manajemen, A. M., & Mulia, U. B. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk. Journal of Business & Applied Management, 10(1).
Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2), 282–290.
https://doi.org/10.35877/454ri.qems921
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10130
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabelitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah (1st ed.). StaiaPress.
Purwanto, E., Bachtiar, D., Septiani, K. M., Ridhwan, N., Deviny, J., Dahlan, K. S. S., Susanto, D. A., & Marey, D. R. E. (2020). Technology Adoption A Conceptual Framework. In Yayasan Pendidikan Philadelphia.
http://link.springer.com/10.1007/978-3-030-50112-9_2
Purwianti, L., & Ricarto, T. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Pengguna Smartphone Di Batam. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 41–56.
https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1095
Purwianti, L., & Ricarto, T. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Batam. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(November), 41–56.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards. Jurnal Kesehatan, 13, 65–71.
Ramdahan, A. (2020). Analisis Brand Image, Promosi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Quality Fried Chicken Flamboyan Medan.
Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis).
Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2328
Saputri, I. A. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonasi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.
cenetec.
Selli, R., Faradila, N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka . com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro ). 5(2001), 1–12.
Setiawan, H. K. (2020). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Menggunakan Media Sosial Instagram. 5(4), 806–820.
Setiobudi, G. E. S. A. (2023). Pengaruh Perceived Price, Kualitas Produk Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Ricebowl Babibong. 8.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.
Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3997
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, 32.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sukamto, P. (2019). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi OVO dengan Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Techology (UTAUT) di Kota Denpasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol. 23(4), hlm. 632-639.
Wulandari, A., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Celebrity Image Congruence dan Brand Experience Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 778–787. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.611
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana, 18.
Aaron, C., Harjanti, D., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Bisnis, F., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2021). Pengaruh Price Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Dan Perceived Risk Sebagai Variabel Mediasi Pada Layanan Cuci Mobil “ Flex Car Detaling ” Di Surabaya. 9(1).
Abdurrahman, & C. (2022). Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi.
Adi Cakranegara, P., Budiasih, Y., Tannady, H., & Totok Suyoto, Y. (2022). Analysis Of The Effect Of Perceived Value And Brand Image On Netflix Service Purchase Decisions Analisis Pengaruh Perceived Value Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Layanan Netflix. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 3238–3247. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R.
R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Amalia, M. S. (2022). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Intensi Kelanjutan Penggunaan Social Commerce Menggunakan Technology Continuance Theory (TCT) Dan Usability.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Anwar, M. S. (2022). pengaruh diskon harga,Endorsement,dan viral marketing terhadap keputusan pembelian di tiktok shop. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Arifin, S., Suharyono, & Wilopo. (2018). Pengaruh Perceived Price dan Perceived Value Pada Produk Bundling terhadap Minat Beli (Survei Minat Beli Handphone Blackberry-Indosat Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 1 No. 2, 1(2).
Ariyanti, K. A. (2019). Pengaruh E-Wom dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Trust (Studi Pada Konsumen Produk Fashion E-Commerce Zalora). Universitas Islam Sultan Agung.
Bryan, B., & Haryadi, E. (2018). Analisis Pengaruh Variabel Moderasi Switching Costs Terhadap Hubungan Service Performance Dan Customer Loyalty Member Celebrity Fitness Jakarta. Jurnal Manajemen, 15(1), 52–71. https://doi.org/10.25170/jm.v15i1.98
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Binus. www.mitrawacanamedia.com
Cruz, A. P. S. (2013). Processing Data Penelitian Kuantitatif Menggunakan Eviews. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dewi, A. K., Artanti, Y., Manajemen, J., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., & Timur, J. (2020). Peran Online Customer Review , City Image dan Perceived Price terhadap Purchase Intention pada Wisata Kuliner Surabaya. 9(1), 88–100.
Effendi, A. (2018). Pengaruh Reference Group, Brand Equity, dan Perceived Price Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Takwa Di Kediri.
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.
Fakhruddin&Fiernaningsih. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Lkd Multi Industri Di Kota Batam. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(2), 5–24.
Fanani, I., Djati, S. P., & Silvanita, K. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI). Fundamental Management Journal, 1(1), 40–53.
Ferghyna, F., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2020). Pengaruh Facilitating Conditions dan Behavioral Intention terhadap Use Behavior pada Pengguna Aplikasi BNI Mobile Banking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 3201–3208. http://j-ptiik.ub.ac.id
Gusni, G., Hurriyati, R., & Dirgantari, P. D. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Attitude dan Actual Usage Go-Pay. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 22–33.
Hansudoh, S. A. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention. Manajemen Pemasaran, 12(1), 53–59.
Harahap, T. R., Sitio, R., & Mazidah, H. (2022). The Influence of Ease of Use , Social Media , Price , and Consumer Trust on Purchase Intentions Using the TikTok Shop by Labuhanbatu Students. Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(6).
Hardianto, R., Filtri, H., Kehutanan, P., Lancang, U., Teknik, P., Universitas, I., Kuning, L., Pendidikan, P., Usia, A., Universitas, D., Kuning, L., Logic, F., & Mamdani, M. (2021). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid-19. 3(1), 130–142.
Huddin, M. N., Masitoh, M. R., & Ikhsan, K. (2022). Kemudahan penggunaan, facilitating condition, keamanan teknologi dan compatibility terhadap niat menggunakan pembayaran mobile di Indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 131. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i2.5764
Iskandar, Jaya, A., Warti, R., & Zaini. (2022a). Statistik pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS) (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.
Iskandar, Jaya, A., Warti, R., & Zaini. (2022b). Statistik Pendidikan (Teori dan Aplikasi SPSS). In Media Akademi (Issue February).
Kristiani, N., & Putri, S. W. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Playfulness Terhadap Intention To Use Pengguna Aplikasi Tik Tok Di Masa Pandemi Covid 19. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(2), 162. https://doi.org/10.25273/capital.v5i2.12021
Lagita, L., & Briliana, V. (2018). Pengaruh Customer Satisfaction, Adjusted Expectation, Perceived Value, dan Perceived Usefullness Terhadap Online Repurchase Intention pada Pelanggan Lazada. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.55601/jwem.v8i1.528
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2), 90–97.
Louis Loudevik Marciano, et, A. (2022). Analisis Penerapan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology) Terhadap Minat beli Pada Sayurbox. 8(2), 80–91.
https://doi.org/10.9744/jmhot.8.2.80
Made, D., Purnama, F., Marcelina, I. L., & Nasional, U. P. (2022). Peran Costumer Intention Dalam Memediasi Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Price Terhadap Buying Decision Konsumen Youtube Premium Di Bali. 16(2).
Mahyarni, D. (2015). Theory Of Reasoned Action dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Histori Tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13–23. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/13
Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan Accidental Sampling Untuk Mengetahui Prevalensi Akseptor Kontrasepsi Suntikan terhadap Siklus Menstruasi (Studi Kasus: Pukesmas Jembatan Kembar Kabupaten Lombok Barat). Avesina, 13(1), 19–23.
Meiriza, A., & Sawitri, R. (2023). Analisis Faktor Penerimaan TikTok Shop berdasarkan Model UTAUT2 dan SCC. 01, 33–44.
Mirnawati, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Pada WYD (Wear Your Design) Distro Palangka Raya. 195.
Natoen, A., AR, S., Setiawan, I., & Periansya. (2018). Faktor-faktor demografi yang berdampak terhadap kepatuhan WP badan (UMKM) di kota Palembang. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 101–115.
Nindya, D. R. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Individu Dalam Membeli Produk Asuransi Secara Online. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 1(1), 65–82.
Nofiyanti, & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Value Terhadap Online Repurchase Intention pada Marketplace Shopee di Kecamatan Kebumen dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(April), 281–290.
Noviarni. (2017). Pengaruh Percieved Ease Of Use dan Percieved Usefulness Terhadap Intention to use E-Wallet (Studi Pada Mahasiswa STIE PGRI Dewantara Jombang). 12–35.
Nuzulia, F. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi User Acceptance Terhadap Implementasi Enterprise Resource Planning Menggunakan Model UTAUT (Studi Pada PT Angkasa Pura I (PERSERO)). 5(1), 33–52.
Oktania, D E, & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Compatibility Lifestyle terhadap Intention to Use Fitur Social Commerce (Studi Pada Pengguna Media Sosial TikTok). Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 67–82.
Oktania, Dyan Erlyn, & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Percieved Ease of Use dan Compatibility With Lifestyle Terhadap Niat Beli di Social Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 255–267.
Pardede, R., Manajemen, M., Mulia, U. B., Haryadi, T. Y., Manajemen, A. M., & Mulia, U. B. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk. Journal of Business & Applied Management, 10(1).
Pohan, M. Y. A. (2022). The Influence of Product Quality on Positive Word-of-mouth Communication, Case Study at Kedai Wak Edoy Malang. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2), 282–290.
https://doi.org/10.35877/454ri.qems921
Purnamasari, R. D. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen, 13(3), 420–430. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/article/view/10130
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabelitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah (1st ed.). StaiaPress.
Purwanto, E., Bachtiar, D., Septiani, K. M., Ridhwan, N., Deviny, J., Dahlan, K. S. S., Susanto, D. A., & Marey, D. R. E. (2020). Technology Adoption A Conceptual Framework. In Yayasan Pendidikan Philadelphia.
http://link.springer.com/10.1007/978-3-030-50112-9_2
Purwianti, L., & Ricarto, T. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Pengguna Smartphone Di Batam. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 41–56.
https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1095
Purwianti, L., & Ricarto, T. (2019). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi di Batam. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(November), 41–56.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19 Validity Test and Reliability Instrument Research Level Knowledge and Attitude of Students Towards. Jurnal Kesehatan, 13, 65–71.
Ramdahan, A. (2020). Analisis Brand Image, Promosi dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Quality Fried Chicken Flamboyan Medan.
Sanita, S., Kusniawati, A., Lestari, M. N., Ekonomi, F., & Galuh, U. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis)
. Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 169–184. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2328
Saputri, I. A. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonasi Kognitif Konsumen Pemilik Sepeda Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Selli, R., Faradila, N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka . com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro ). 5(2001), 1–12.
Setiawan, H. K. (2020). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Online Menggunakan Media Sosial Instagram. 5(4), 806–820.
Setiobudi, G. E. S. A. (2023). Pengaruh Perceived Price, Kualitas Produk Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Ricebowl Babibong. 8.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.
Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3997
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, 32.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sukamto, P. (2019). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi OVO dengan Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Techology (UTAUT) di Kota Denpasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol. 23(4), hlm. 632-639.
Wulandari, A., & Riptiono, S. (2020). Pengaruh Celebrity Image Congruence dan Brand Experience Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(5), 778–787. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i5.611
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana, 18.
23SK2341467.00 | SK EKOS 23.467 AHM p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain