SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kepuasan dan Persepsi Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Minuman Susu Kedelai (Studi Kasus Konsumen Home Industry Susu Kedelai Mak Tini Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)
Persaingan bisnis yang semakin ketat, diakibatkan oleh tren bisnis yang semakin berkembang sehingga mendorong para pemilik usaha untuk terus meningkatkan kualitas produknya agar sesuai dengan harapan konsumen. Di sisi lain, usaha bisnis yang kreatif dan inovatif dalam strategi bisnisnya semakin memenangkan persaingan dan berhasil memuaskan pelanggannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara kepuasan konsumen dan persepsi konsumen terhadap minat beli ulang.
Jenis penelitian ini field research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen minuman susu kedelai yang diproduksi oleh Home Industry Mak Tini. Adapun subjek penelitian ini adalah Home Industry Mak Tini Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. objek penelitian ini adalah konsumen susu kedelai hasil produksi Home Indusutry Mak Tini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yang berarti siapa pun yang kebetulan mereka temui jika orang tersebut adalah sumber yang tepat untuk penelitian dapat dijadikan sebagai sampel. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepuasan konsumen terhadap minat pembelian ulang dengan nilai thitung (2,854) > ttabel (1,985) dan signifikansi 0,005 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi konsumen terhadap minat pembelian ulang dengan nilai thitung (7,248) > ttabel (1,985) dan signifikansi 0,000 < 0,05. 3) variabe kepuasan dan persepsi konsumen secara simultan mempengaruhi variabel minat pembelian ulang dengan nilai Fhitung(91,685) > Ftabel (3,09). Dan nilai
koefisien determinasi Adjusted R Square (R2) sebesar 0,654 artinya secara simultan kepuasan konsumen dan persepsi konsumen mempengaruhi minat pembelian ulang sebesar 65,4% dan sisanya 34,6% dipengaruhi variabel lain.
Kata kunci : Kepuasan Konsumen, Persepsi Konsumen, Minat Pembelian Ulang
DAFTAR PUSTAKA :
Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25
Agama, D. (2002). Al-Quran dan Terjemah. Semarang: Mekar Surabaya.
Amroni, A., Purbasari, D. M., & Aini, N. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang (Rebuying) Pada Toko Kue Yosin Di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jurnal EBI, 1(1), 64–70. https://doi.org/10.52061/ebi.v1i1.9
Andra, A. A., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepuasan terhadap Minat Beli Ulang dengan Citra Toko sebagai Variabel Intervening. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(6), 2582. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i6.3099
Chabachib, M., & Abdurahman, M. I. (2020). Determinan Nilai Perusahaan denngan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). DKI Jakarta : Geupedia.
Emory, D. R. (1996). Metode Penelitian Bisnis Terjemahan Ellen G dan Imam Nurmawan Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga.
Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., Halim, F., Manajemen, P. S., Tinggi, S., Ekonomi, I., Agung, S., Manajemen, P. S., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Agung, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. 4328(April).
Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Graha Ilmu empat.
Firdaus. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Private Label Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi). 9(01), 1–14.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyanto; Arief, Mohammad Yahya; Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(9), 1784–1795.
Hidayah, S. A., & Apriliani, R. A. E. (2019). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/872
Hidayat, S. R., & Suryaningsih, Y. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Tempe (Studi Kasus Pada Ud. Yuzak Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo). Agribios, 18(1), 32. https://doi.org/10.36841/agribios.v18i1.888
Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50–64.
Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097
Jamaluddin, J. (2020). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Ulang Produk Kuota Im3 Ooredoo Di Kota Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.31602/atd.v4i1.2474
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revi). Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.).Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). manajemen pemasaran (B. Sabran (ed.); ketiga bel). Jakarta: Salemba.
Kusumadewi, N., & Saraswati, T. G. (2020). the Effect of Customer Satisfaction on Repurchase Interests At the Scarlett Official Store At Shopee and Tokopedia. ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management, 7(2), 6476–6489.
Lukman, H., & Winata, S. (2017). Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behaviour. XXI(02), 208–218.
Lupiyoadi, R. (2006). Manjemen Pemasaran Jasa (Revisi). Jakarta: Salemba Empat.
Mailindra, W., & Amali, M. (2018). Pengaruh Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Indomaret Kecamatan Sungai Bahar. EKONOMIS : Journal of Economics and Business, 2(2), 235. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v2i2.47
Nasution, I. H., & Frimayasa, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di PT . Bank Rakyat Indonesia KCP Kota Wisata Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 123–132.
Priyatno, D. (2017). Panduan Praktis Oleh Data Menggunakan SPSS. Yogyakrta : Andi.
Rachman, P. S., & Kusdibyo, L. (2022). Persepsi Konsumen Indonesia terhadap Minat Beli Makanan Organik pada Industri Katering Diet Sehat. Prosiding Industrial Research …, 13–14.
Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–12. http://ejournal- s1.undip.ac.id/index.php/management
Santi, E. R., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kuallitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Proosi Online Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kaus Pada Sate Taichan Banjar D’licious. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 47–56.
Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Konsumen Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1), 30–44. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.642
Sarwendah Biduri, R. A. (2019). Pengaruh Theory of Planned Behavior, Pengetahuan, dan Motivasi Terhadap Niat Mahasiswa Untuk Berkarir. Konferensi Regional Akuntansi V.
Simamora, B. (2003). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Stanton, W. E. M., Etzel Michael, J., & Walker Bruce, J. (2007). Fundamentos de marketing. Mc Graw Hill.
Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian (cetakan 17). Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta. Tjiptono, F. (2011).
Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi. Uma Sekaran dan Roger Bougie. (2017a). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahilian. In D. A. Halim (Ed.), 1 (6th ed., p.
77). Jakarta Selatan: Salemba 4.
Uma Sekaran dan Roger Bougie. (2017b). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-keahlian. In Dedy A Halim (Ed.), 2 (6th ed., p.
53). Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Welis Raldianingrat, F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Dan Persepsi Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industry Donat Kentang Madona Di Kecamatan Unaaha. Pengaruh Marketing Mix, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PD F&id=9987
Wicaksono, A. P., Rachma, N., & Khoirul, M. (2019). Pengaruh Kepuasaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. E – Jurnal Riset Manajemen, 8(3), 130–139.
Wijiastuti, D. R., & Cantika, N. (2021). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang jasa gofood di kota sorong. 4(1).
Wulandari, S., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Transportasi Migo di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga,8(2), 791–797.
Yusuf, J. C., Prayogo, R., Program, F. A., Perhotelan, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2021). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Di Traveloka. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen- perhotelan/article/view/11496
23SK2341464.00 | SK EKOS 23.464 HAN p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain