SKRIPSI EKOS
Analisis Perilaku Pedagang Daging di Pasar Tradisional Bantarbolang Kabupaten Pemalang Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk aktivitas jual beli. Hal ini masih sangat rentan dengan perilaku para pedagangnya yang tidak mementingkan etika bisnis Islam dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Akibatnya pedagang akan bertentangan dengan tata cara berdagangnya yang tidak sesuai dengan syariat Islam sehingga ia akan melakukan cara apapun demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Maka dari itu, pembeli akan merasa dirugikan karena tindakan mereka yang tidak dilandaasi dengan prinsip- prinsip etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemahaman etika bisnis Islam pedagang daging di Pasar Tradisional Bantarbolang dan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman dan implementasi pedagang terhadap etika bisnis Islam di Pasar Tradisional Bantarbolang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil data dari lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebaruan dari penelitian ini adalah penelitian atau karya-karya sebelumnya yang membahas mengenai etika bisnis Islam sudah banyak ditemukan, namun pembahasan secara spesifik mengenai prinsip-prinsip etika bisnis Islam pada perilaku pedagang daging khususnya yang ada di Pasar Tradisional Bantarbolang belum ditemukan. Dari pembahasan ini perlu dikaji lebih mendalam dikarenakan berbeda dan belum pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.
Kata kunci: Pedagang, Pasar, Etika, Bisnis
DAFTAR PUSTAKA :
Afriyakirani, A. (2023). Observasi.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behaviour and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality and Behaviour. Open University Press. Akbar, M. (2022). Perilaku Pedagang di Pasar Senin Desa Muhajirin Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi dalam Perspektif Etika Bisnis Islam [UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id
Ali, Abbas, & Farid. (2020). Factors Influencing Customers’ Purchase Intention in Social Commerce. International Review of Management and Marketing. 10(5), 63–73.
Amad. (2023). Wawancara Pedagang Daging.
Amalia, F. A., Sosianika, A., & Suhartanto, D. (2020). Indonesian Millennials‟ Halal food purchasing: merely a habit? British Food Journal, 122(4), 1185– 1198. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2019-0748
Anggriawan, O. (2019). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Jual Beli Ayam Joper di Kelurahan Keniten Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo [IAIN Ponorogo]. In IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id
Ardian, O. (2019). Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Pasar Depok Gandusari Trenggalek dalam Perspektif Etika Bisnis Islam [IAIN Tulungagung]. In Repository IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id
Arline, D. H. (2020). Analisis Perilaku Pedagang Pasar Tradisional dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pasar Cinangsi Gandrungmangu) [IAIN Purwokerto]. In IAIN Purwokerto. http://repository.uinsaizu.ac.id
Auditya, L. (2019). Peran Galer Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia (GIS BEI) IAIN Bengkulu dalam Meningkatkan Literasi Pasar Modal (Studi Kasus Masyarakat Sumur Dewa Air Sebakul). Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 286. https://doi.org/10.29300/aij.v5i2.2060
Azizah, L. N. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Pasar Tradisional guna Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus Pasar KIRINGAN Desa Kemlagilor Turi Lamongan). Jurnal Manajemen, 4(1), 823. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i1.224
Choi, J., Lee, A., & Ok, C. (2013). The Effects of Consumers‟ Perceived Risk and Benefit on Attitude and Behavioral Intention: A Study Of Street Food.
Journal of Travel & Tourism Marketing, 30(3), 222–237. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10548408.2013.774916
Chua, B. L., Othman, M., Boo, H. C., Abkarim, M. S., & Ramachandran, S. (2010). Servicescape Failure and Recovery Strategy in the Food Service Industry, The Effect on Customer Repatronization. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 11(3), 179–198. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/1528008X.2010.483419
Darmastuti, I., Fata, N., Ardiany, Y., Sumarsih, Kusuma, C. S. D., Siahainenia, S., Helendra, Pasaribu, P. N., Rais, M. T., Sumanti, N. A., Haryati, E., Keke, Y., Julyanthry, Rinda, R. T., Indah, Z., Herawati, A. R., Louhenapessy, F. H., Adam, M., Handayani, H., … Risambessy, A. (2022). Etika Bisnis (Konsep, Moral, dan Implementasi) (Hartini (ed.)). CV Media Sains Indonesia.
Dernani, H. (2022). Analisis Pengetahuan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Pedagang Muslim Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Pasar Tugu Bandar Lampung) [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id
Fahrona, N. F. (2019). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam di Home Industry Tempe Bendul Merisi Surabaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga [UIN Sunan Ampel Surabaya]. In Digital Library UIN Sunan Ampel Surabaya. https://digilib.uinsa.ac.id
Farma, J., & Umuri, K. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 19–29. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3268
Fatmawati, R. (2021). Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo [IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id
Faudhil, U. (2022). Bupati Pemalang Resmikan Pasar Bantarbolang dan Sistem Pembayaran Digital. Joglo Jateng. https://joglojateng.com/2022/03/17/bupati-pemalang-resmikan-pasar- bantarbolang-dan-sistem-pembayaran-digital/
Fishbein, & Ajzen. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesle.
Ghaz. (2017). Surviving and Thriving in The Food and Beverage Industry. Biz Pulse.
Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 16–34. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1037
Haniatunnisa, S. (2022). Implementasi Hukum Ekonomi Syariah pada Pasar Tradisional. Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2556–2560. https://journal.universitaspahlawan.ac.id
Hasnawiyah. (2020). Perilaku Pengusaha Ternak Ayam Petelur di Polewali Kabupaten Pinrang (Tinjauan Etika Bisnis Islam) [IAIN Parepare]. In IAIN Parepare. repository.iainpare.ac.id
Hidayat, A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Produksi dan Pemasaran Usaha Pentol Mercon Maknyus Jalan Suromenggolo [IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id
Hudaibiyah. (2022). Perilaku Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Ikan Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Pedagang Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Lekok Pasuruan) [UIN KH. Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id
Hutamy, E. T., Marham, A., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Analisis Penerapan Bisnis Model Canvas pada Usaha Mikro Wirausaha Generasi Z (Analysis of the Canvas Model‟s Application to Micro-Entrepreneurs of Generation Z). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1), 1–11. http://penerbitgoodwood.com
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Andi.
Maharani, P. (2021). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pelaksanaan Penjualan Sapi di Pasar Ternak Batusangkar [IAIN Batusangkar]. In IAIN Batusangkar. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/
Mufarida, N. U. (2020). Perilaku Pedagang Daging Sapi di Pasar Badas Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Ditinjau dari Sosiologi Ekonomi Islam [IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id
Mugiasih, S. (2023). Wawancara Pembeli Daging.
Mumtaz, S. (2022). Pedagang. Buka Review. https://review.bukalapak.com/finance/pengertian-pedagang-118082
Muzaiyin, A. M. (2021). Perilaku Pedagang Unggas Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Qawain, 5(1), 33–52. https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.2945
Nanda, D. U., & Fikriyah, K. (2020). Perilaku Pedagang Pasar Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Dalam Prespektif Prinsip Dasar Pasar Islami. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 588. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1364
Nathaniel, R. (2020). Pengantar Bisnis. Uwais Inspirasi Indonesia.
Novianti, P. A. (2019). Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Daging
Ayam Oplosan (Studi Kasus di Pasar Karangpakis Cilacap) [IAIN Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id
Nurrohmah, M. (2019). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Penggilingan Daging Surya Gemilang di Desa Pulung Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo [IAIN Ponorogo]. In IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/
Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish Publisher. Rianah. (2023). Wawancara Pedagang Daging.
Rohman, Y. N. (2022). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Praktik Jual Beli Daging Sapi Oplosan (Studi Kasus di Pasar Baru Kabupaten Kuningan) [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. In UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id
Rohyati. (2023). Wawancara Pedagang Daging.
Rudi. (2020). Perilaku Pedagang Buah-buahan di Pasar Senggol Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam). http://repository.iainpare.ac.id
Rusdiansyah, E. S. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang Sayur (Studi Kasus Pasar Batang Kecamatan Batang Kabupaten Batang). IAIN Pekalongan.
Rustiana, E. (2022). Implementasi Kebijakan Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional di Kecamatan Samarang Kabupaten Garut (Studi Pasar Wisata Samarang). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 176. https://doi.org/10.25157/dak.v9i2.7183
Sanita, S., Kusniawati, A., & Lestari, M. N. (2019). Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image Terhadap Purchase Intention (Penelitian pada PT. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreunership Journal, 1(3), 169–184.
Saptarina, V. R. (2019). Praktik Jual Beli Daging Ayam Suntik dan Implikasinya terhadap Kesejahteraan Ekonomi Pedagang dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Kabupaten Tulungagung [IAIN Tulungagung]. In IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id
Saturi, M. (2021). Persaingan Usaha Ayam Potong di Pasar Daging Sentra Antasari Banjarmasin Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam) [UIN Antasari Banjarmasin]. In UIN Antasari Banjarmasin. https://idr.uin- antasari.ac.id
Scrabella, A. (2021). Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Berdasarkan Prinsip Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Pasar tradisional Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung) [IAIN Batusangkar]. https://repo.iainbatusangkar.ac.id
Seni, N. N. A., & Ratnadi, N. M. D. (2017). Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Niat Berinvestasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12, 4043. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i12.p01
Shin, Y. H., & Hancer, M. (2016). The Role Of Attitude, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control, and Moral Norm In The Intention To Purchase Local Food Products. Journal of Foodservice Business Research, 19(4), 338–351. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/15378020.2016.1181506
Sopiah. (2023). Wawancara Pembeli Daging.
Stephen, S. (2009). Theory of Planned Behaviour. Cambridge University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9780511543579.049
Supriyatin. (2023). Wawancara Pedagang Daging. Suriah. (2023). Wawancara Pembeli Daging. Susilo. (2023). Wawancara Pengelola Pasar.
Tarmo, A. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam pada Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Sumoroto Kauman Ponorogo (Vol. 21, Issue 1) [IAIN Ponorogo]. http://journal.um-surabaya.ac.id
Tri. (2023). Wawancara Pedagang Daging.
Triana, S. (2019). Analisis Jual Beli Daging Karkas Ayam Broiler yang Telah Disuntik Air Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang Ayam Broiler Karkas di Pasar Wage Purwokerto) [IAIN Purwokerto]. https://repository.uinsaizu.ac.id
Vicente, P., Marques, C., & Reis, E. (2021). Willingness to Pay for Environmental Quality: The Effects of Pro-Environmental Behavior, Perceived Behavior Control, Environmental Activism, and Educational Level. SAGE Open, 11(4). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/21582440211025256
Wahyunti, S., & Setyani, E. (2021). Pelaksanaan Timbangan dalam Jual Beli Ayam Potong Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Pasar Raya Amahami Kota Bima). J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1), 39–50. https://doi.org/10.52266/jesa.v4i1.744
Wijaya, R. A. (2021). Perspektif Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang di Pasar Kamis Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (Issue 2021).
Wisnu, Y. (2022). Pedagang: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Perilakunya. IDN Times.
23SK2341460.00 | SK EKOS 23.460 ADI a | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain