SKRIPSI EKOS
Pengaruh Inovasi, Promosi, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Pengaruh globalisasi saat ini tidak terlepas dari kehidupan manusia. Pengaruh darinya yang bisa kita rasakan yaitu teknologi informasi yang cepat berkembang. Telepon seluler merupakan salah satu yang terdepan di bidang kemajuan elektronik saat ini. Tidak dapat dipungkiri lagi telepon seluler tumbuh sangat pesat hingga kini tak bisa dipisahkan dari genggaman tangan manusia. Samsung adalah salah satu merek smartphone yang masih popular dari dulu sampai sekarang. Kehadirannya di dunia smartphone memberi kemudahan dan membantu penggunanya untuk melewati aktivitas setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi, promosi, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner sebanyak 20 item pernyataan, yang telah diuji valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan software IBM Statistik SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 1,1991 > t tabel 1,985. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian nilai t hitung 15,701 > t tabel 1,985, harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 1,674 < t tabel 1,985, brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan dengan nilai t hitung 1,573 < t tabel 1,985. Lebih lanjut, inovasi, promosi, harga dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,738.
Kata Kunci : Inovasi, Promosi, Harga, Brand Image, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, David A. dan Alexander, L. Biel. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand, Lawrence Erlbaum Associates. Inc. Hillsdale.
Aleiyya, Ihda La, Handoyo Djoko Waluyo dan Widayanto. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Baru, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet APPLE iPad (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna iPad di FISIP UNDIP Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic.
Almira, Amelia dan JE Sutanto. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualiatas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis. 3(2)
Anwar, Sanusi. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Azwar, S. (1999). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Deisy, Malonda, Lapian Joyce dan Yunita Mandagie. (2018). Analisis Citra Merek , Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler Di IT Center Manado. Jurnal EMBA. 6(4), 2288-2297
Ernestivita, G. (2016). Analisis Pengaruh Place, Promotion, Dan People Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Produk Pasar Modal Dengan Menggunakan Jasa Equity Brokerage Di Pt Sucorinvers Central Gani Cabang Kediri. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. 1(2), 10–20.
Hasbiyadi, Mursalim, Suartini, Syafaat Djunaid dan Ari Ardiansyah Masrum. (2017). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera Pada PT. Sungai Saddang Sejahtera. Jurnal Ilmu Bongaya (Manajemen & Akuntansi). 2. https://tafsirweb.com/ diakses pada 22 Januari 2023
Keegan, W. J., Dan Green, M. C. (2015). Global Marketing. London: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2017) Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat Belas. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. (2016). Principles of Marketing. 16th edition. London: Pearson Education Limited
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Dialih Bahasakan Oleh Bob Sabran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo
Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi 12. Penerbit Indeks
Leksono, R. B., dan Herwin. (2017). Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis. 2(3), 381–390
Mowen, John C., dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Edisi 5 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Nalim, Salafudin. (2012). Statistika Deskriptif. STAIN Pekalongan Press.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empat
Rahman, Arif. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. Edisi pertama. Penerbit Agromedia Pustaka.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communicastion. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Sari, Rissa Mustika dan Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi). 5(3), 1171
Schiffman, Leon G. dan Kanuk, Leslie. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Sofjan, Assauri. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supriyadi., Wiyani, Wahyu., Dan Indra, Ginanjar K.N. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen. 4(1)
Swastha, Basu. (2002). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.
Tambunan, krystia dan Ibnu Widiyanto. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus Pada Konsumen di Bandeng Presto Semarang). Jurnal Manajemen. 1(2). 58-66
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi ketiga. Yogyakarta: Andi
Tjiptopno, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: Andi
Widyanti, Dian dan Soekanda, Ellya. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Pizza Hut Bogor. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. 2(2).
Wulansari, Retno. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Boga Sejahtera di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif. 1(4)
www.idc.com Diakses pada 12 Januari 2023
www.samsung.com Diakses pada 5 Juli 2022
23SK2341459.00 | SK EKOS 23.459 IRF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain