SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan
Dalam pembelajaran siswa harus memiliki kemampuan kompetitif seperti kemampuan intelektual, emosional, spiritual, dan sosial yang tinggi. Hal tersebut bisa didapatkan melalui pendidikan matematika. Matematika tidak hanya mengajarkan tentang hitung menghitung dan menuntut untuk menghafal rumus, namun lebih menuntut siswa untuk berpikir atau bekerja dengan logika. Dalam pembelajaran matematika, adanya kemampuan berpikir sangat berpengaruh, terutama dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA) pada siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis ditinjau dari empat gaya berpikir tersebut pada siswa SMP N 1 Buaran Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya berpikir yang beragam. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, diperoleh gaya berpikir sekuensial konkret mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis berupa hubungan antara matematika dengan topik matematika lain, kehidupan sehari-hari dan disiplin ilmu lain. Gaya berpikir sekuensial abstrak hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis berupa hubungan antara matematika dengan topik
matematika lain dan kehidupan sehari-hari. Gaya berpikir acak konkret hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis berupa hubungan matematika dengan topik matematika lain dan disiplin ilmu lain. Gaya berpikir acak abstrak hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematis yaitu menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari.
23SK2326206.00 | SK TM 23.206 VES a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain