SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Masjid Agung Brebes Untuk Meningkatkan Literasi Matematika
Tingkat kemampuan matematika pelajar Indonesia masih rendah diperbandingkan dengan negara lain. Salah satu solusi untuk membantu menangani tingkat literasi matematika yang rendah adalah dengan menggunakan etnomatematika. Etnomatematika suatu bentuk pengajaran yang menggunakan matematika dalam konteks dunia nyata yang praktis. Hal ini memungkinkan untuk menerapkan konsep matematika yang mereka pelajari dengan baik. Pada penelitian ini meneliti etnomatematika yang ada pada masjid agung Brebes.. Adapun tujuan dilakukannya penelitian sebagai berikut: 1.) untuk
menganalisis apa saja unsur matematika yang ada pada bangunan masjid agung Brebes. 2.) untuk mengetahui bagaimana eksplorasi etnomatematika masjid agung Brebes untuk meningkatkan literasi matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian kualitatif melibatkan pengumpulan data deskriptif dari semua bentuk komunikasi, termasuk laporan
tertulis dan lisan. Metode pengumpulan data yang dipakai yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di masjid agung Brebes Jl. Ustad Abas No. 7, Kauman, Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52212.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan: 1.) Pada eksplorasi masjid agung Brebes ditemukan adanya konsep matematika pada bangunan masjid agung Brebes. Konsep matematika tersebut yaitu konsep geometri bangun datar, konsep goemetri bangun ruang dan konsep transformasi geometri. Konsep geometri bangun datar yang terdapat pada bangunan masjid Agung Brebes yaitu persegi,
persegi panjang, segitiga, jajar genjang, trapesium, setengah lingkaran, dan belah ketupat. Sedangkan geometri bangun ruang yang terdapat pada bangunan masjid yaitu balok dan prisma segitiga, serta terdapat konsep transformasi pada bangunan masjid yaitu translasi, refleksi, dan dilatasi. 2.) Etnomatematika pada bangunan masjid agung Brebes memiliki kesesuaian serta memenuhi aspek literasi
matematika yang termuat pada indikator-indikator literasi matematika aspek literasi matematika berupa proses, konten, dan konteks. Sehingga dengan begitu etnomatematika masjid agung Brebes ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Dalam hal ini etnomatematika masjid agung Brebes dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual terutama pada penerapan pendekatan saintifik.
23SK2326205.00 | SK TM 23.205 MOH e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain