SKRIPSI PGMI
Penerapan Kelas Tahfidz Dalam Menumbuhkan Karakter Qur'ani di MIS Karanganyar Kec. Tirto Kab. Pekalongan
Aktifitas anak dalam menggunakan HP dapat membentuk karakter yang negative berupa malas bahkan bisa muncul perundungan siber. Sehingga perlunya kegiatan positif di dunia pendidikan untuk menumbuhkan karakter, seperti halnya program kelas tahfidz. Dengan adanya program kelas tahfidz tentunya dapat menumbuhkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam kitab suci al –Qur’ān yang bisa disebut dengan karakter Qur’ani. Dari permasalahan tersebut penelitian ini berfokus pada: (1) penerapan kelas tahfidz dalam menumbuhkan karakter Qur’ani di MIS Karanganyar Tirto, (2) faktor pendukung dan penghambat beserta solusi dalam penerapan kelas tahfidz di MIS Karanganyar Tirto. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi penerapan kelas tahfidz dalam menumbuhkan karakter Qur’ani di MIS karanganyar Tirto, (2) untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat beserta solusi dalam penerapan kelas tahfidz di MIS Karanganyar Tirto. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitan lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini pertama penerapan kelas tahfidz di MIS Karanganyar Tirto dilakukan melalui beberapa tahapan yatu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi. Dalam tahap perencaan ada beberapa hal yang direncanakan, sebagai berikut: (a) mengadakan pelatihan guru tahfidz, (b) menyusun jadwal, (c) menyusun materi, dan (d) menentukan metode-metode. Selanjutnya tahap pelaksanaan, kegiatan kelas tahfdz ini dilaksanakan melaui bimbang di sekolah dan di rumah guru tahfidz, serta dengan melaksanakan metode-metode yang telah direncanakan. Kemudian pada tahap evaluasi program kelas tahfidz di MIS Karanganyar Tirto dilakukan saat akhir tahun dengan tetap mengikuti perkembangan santri selama satu tahun itu bisa menampakkan atau memiliki sebagian nilai-nilai karakter Qur’ani. Penerapan kelas tahfidz dalam menumbuhkan karakter qur’ani dilakukan dengan strategi memberi keteladanan, arahan atau nasehat, dan adanya kegiatan rutin. Kedua faktor pendukung, dukungan dari berbagai pihak, sarana dan prasarana, tenaga pengajar yang kompeten lalu faktor penghambat beserta solusinya, waktu untuk membaca dan menghafal alqur’an solusinya dengan memberi arahan yang tidak mematahkan semangat, dan kesadaran santri solusinya dengan memberi pendampingan dan pengawasan tanpa menekan santri.
23SK2323214.00 | SK PGMI 23.214 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain