SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Menangani Siswa ADHD Pada Siswa Kelas I (Studi Kasus di SD Negeri 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan)
ADHD adalah suatu sindrom yang mengganggu kemampuan individu untuk memfokus (inattention), mengatur tingkat aktivitas (hiperactivity), dan perilaku menghambat. Siswa ADHD lebih cenderung terlihat lebih aktif di dalam kelas jika dibandingkan dengan siswa lainnya, selalu mengganggu teman yang lain, tidak mau untuk saling bekerja sama. Oleh karena itu guru harus mempunyai teknik pengajaran yang tepat dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam menangani siswa ADHD pada siswa kelas I SD Negeri 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam menangani siswa ADHD pada siswa kelas I SD Negeri 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam menangani siswa ADHD pada siswa kelas I SD Negeri 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Mengungkapkan faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam menangani siswa ADHD pada siswa kelas I SD Negeri 04 Pedawang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini memiliki kegunaan secara teoritis dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, sumber datanya ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tiga tahapan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menangani siwa ADHD dilaksanakan dengan melakukan beberapa upaya diantaranya: 1) Mengatur tempat duduk, 2) Pemberian reward, 3) Menggunakan pembelajaran yang bervariasi, 3) Menguji siswa dengan pertanyaan-pertanyaan. Dalam faktor pendukung terdapat 2 faktor yaitu Lingkungan yang memungkinkan siswa ADHD dapat bergerak bebas, dan Dukungan atau dorongan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat juga terdapat 2 faktor yaitu Kurangnya sumber daya, dan Kondisi sekitar kelas yang ramai.
23SK2323212.00 | SK PGMI 23.212 MIF u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain