SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitas Belajar Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Kalipucang Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika, tepatnya pada materi operasi hitung pembagian. Siswa belum bisa mengerjakan soal mengenai pembagian bersusun karena biasanya untuk menjawab pertanyaan tentang pembagian, yang dilakukan adalah dengan cara pengurangan berulang. Akan tetapi sekarang diajarkan dengan metode dan cara baru yaitu dengan pembagian bersusun sehingga karena adanya hal baru tersebut rata-rata anak belum langsung bisa. Solusi supaya anak cepat memahami materi tersebut yaitu anak terlebih dahulu mengerti (kelipatan atau perkalian dasar) sebelum diajarkan lebih lanjut pembagian bersusun atau lebih tepatnya menyisipkan cara lama di dalam cara baru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk kesulitan belajar matematika berbasis kurikulum merdeka materi operasi hitung pembagian, untuk menganalisis upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika berbasis kurikulum merdeka yang ditemukan dalam materi operasi hitung pembagian, dan untuk menganalisis implikasi dari upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka materi operasi hitung pembagian pada siswa kelas IV di SD Negeri Kalipucang Kulon Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Alasan siswa mengalami kesulitan belajar matematika disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari, kecerdasan, sikap dalam belajar, dan minat. Serta faktor eksternal terdiri dari, variasi mengajar guru penggunaan media pembelajaran, dan pengaruh lingkungan. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika anatara lain, meningkatkan sikap belajar siswa, penggunaan media pembelajaran, dan pemberian reward. (3) Implikasi dari upaya yang guru lakukan dalam mengatasi kesulitan belajar matematika terbagi menjadi tiga, pertama implikasi bagi siswa yang mana siswa dapat lebih memahami materi operasi hitung pembagian dengan cara yang sederhana. Kedua yaitu implikasi bagi guru yaitu dapat mengusulkan solusi yang tepat sesuai dengan faktor kesulitan yang dialami oleh siswa. Ketiga implikasi bagi sekolah yaitu dapat meningkatkan kualitas sekolah, dan sebagai landasan bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan agar proses pembelajaran berjalan dengan maksimal.
23SK2323211.00 | SK PGMI 23.211 DIA u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain