SKRIPSI PGMI
Penggunaan Media Kartu Domino Modifikasi Pada Materi IPA Kelas V SDN 01 Kebonsari Karagdadap Kabupaten Pekalongan
Suatu pembelajaran pasti membutuhkan yang namanya alat bantu untuk menyampaikan materi. Namun terkadang masih banyak pendidik atau guru yang tidak menggunakan alat bantu dalam menyampaikan pelajaran. Melalui perantara media yang menarik, siswa akan lebih mudah untuk menangkap materi pelajaran, hal ini akan berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Ketidakjelasan dan kerumitan bahan pelajaran yang akan disampaikan, dapat dipermudah dengan menghadirkan media sebagai alat bantu mengajar. Oleh karena itu, guru kelas V di SDN 01 Kebonsari menggunakan media kartu domino modifikasi pada materi IPA untuk menarik perhatian siswa dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, serta siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media kartu domino modifikasi dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kabupaten Pekalongan?. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media kartu domino modifikasi dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media kartu domino modifikasi dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan media kartu domino modifikasi dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kabupaten Pekalongan Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Reseacrh) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu domino modifikasi pada materi Ipa di kelas V SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kab. Pekalongan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan terdiri dari penyusunan RPP, serta menyiapkan media kartu domino modifikasi. Dalam pelaksanaanya sudah sesuai dengan RPP yang sudah dibuat guru. Evaluasi pembelajaran media kartu domino modifikasi dilakukan melalui pengamatan berupa kecepatan siswa dalam merespon soal yang dibacakan oleh temannya dan pemberian tes tertulis untuk menilai kemampuan siswa dari segi belajar kognitifnya. Sedangkan evaluasi penggunaan media kartu domino modifikasi yaitu kartu domino yang digunakan mengalami perubahan yang tadinya dibuat kanan kiri diganti jadi depan belakang atau bolak balik. Karena menurut guru kartu yang dibuat kanan kiri kurang efektif, yang mengakibatkan siswa kurang fokus untuk menyimak pertanyaan. Selain itu, kartu domino modifikasi yang saat ini digunakan diberi tambahan hiasan gambar berupa gambar air yang lucu dan ditempel dipojok atas dan bawah dari masing-masing kartu. Faktor pendukung penggunaan media kartu domino modifikasi pada materi ipa kelas V di SDN 01 Kebonsari Karangdadap Kabupaten Pekalongan adalah kreativitas guru, serta kesiapan siswa. Sedangkan penghambatnya kurangnya alokasi waktu dalam pembelajaran dan pemahaman siswa yang beragam
23SK2323209.00 | SK PGMI 23.209 KHU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain