SKRIPSI PGMI
Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode yang diterapkan di kelas V di SD Negeri Warulor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan dalam mendorong semangat belajar siswa untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Dari hasil pengamatan peneliti, ketika saat pelajaran berlangsung siswa ada yang bermain sendiri dan ada juga yang bergurau dengan temannya serta terlihat banyak siswa yang ngantuk saat pelajaran terutama pelajaran matematika. Ketika diberikan tugas siswa kadang tidak mengerjakan tugas tersebut. Guru kemudian berinisiatif untuk mengubah metode pembelajaran di kelas. Guru menerapkan metode pemberian reward dan punishment saat pembelajaran sehingga peserta didik merasa tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah, Bagaimana hasil belajar matematika siswa melalui pemberian reward dan punishment pada kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan? Bagaimana pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan? Adapun tujuan dari penelitiannya adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa melalui reward dan punishment kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan, (2) Untuk menganalisis pengaruh reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang menggunakan pendekatan Kuantitatif yang terdiri dari 2 Variabel dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Warulor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket yang meliputi angket reward dan punishment. Data penelitian juga diambil melalui observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan uji prasyarat hipotesis berupa uji linieritas dan uji normalitas, kemudian uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 50 dan terbukti dengan hasil belajar siswa yang memiliki kenaikan nilai di atas angka 50. Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Warulor Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini terbukti xii dengan hasil angket yang memiliki rata-rata 50. Pada taraf signifikan 5% telah diketahui nilai Fhitung = 10,624 sedangkan Ftabel = 4,03 sehingga Fhitung Ftabel. Dari hasil perhitungan, Pada taraf signifikan 5% telah diketahui nilai Fhitung = 10,624 sedangkan Ftabel = 4,03 sehingga Fhitung Ftabel. Dari hasil perhitungan, pada taraf 5% ternyata Fhitung Ftabel, maka hasilnya Ha diterima. koefisien determinasi sebesar 0,262, artinya reward dan punishment mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 26,11% dan selebihnya 73,89% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan bahwa reward dan punishment memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Warulor Wiradesa Pekalongan.
23SK2323208.00 | SK PGMI 23.208 MIR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain