SKRIPSI PGMI
Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan
Keberhasilan belajar mengajar tidak lepas dari adanya komunikasi yang efektif antara guru dan siswa. Namun, orang tua memiliki peran lebih utama dalam keberhasilan belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan masih tergolong rendah karena masih terdapat siswa yang belum memenuhi nilai sesuai KKM, terdapat pula siswa yang tidak mengerjakan PR, tidak mengumpulkan tugas dan keterlambatan siswa dalam menerima materi belajar. Maka orang tua perlu meciptakan komunikasi yang baik terhadap siswa, salah satunya dengan memperhatikan belajar siswa dengan baik agar siswa memiliki kualitas belajar yang baik pula. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan? (2) Seberapa besar pengaruh intensitas komunikasi orang tua dan siswa kelas IV dan V terhadap prestasi belajar di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas komunikasi orang tua dan siswa kelas IV dan V terhadap prestasi belajar di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah intensitas komunikasi orang tua (X) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y) dengan sampel berjumlah 61 siswa. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh hasil : (1) Tingkat intensitas komunikasi orang tua dan prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 73,8% dan 65,6%. Hal tersebut menunjukkan bahwa intensitas komunikasi orang dan prestasi belajar siswa baik. (2) Pengaruh intensitas komunikasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Islam Kergon 02 Kota Pekalongan diketahui nilai Fhitung adalah 3,029 dengan nilai signifikan 0,87 lebih besar daripada 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara intensitas komunikasi orang tua (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan berdasarkan nilai R square diperoleh nilai sebesar 0,049 yang berarti bahwa hubungan intensitas komunikasi orang tua (X) dan prestasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 4,9% dan sisanya sebesar 95,1% dipengaruhi oleh faktor lain.
23SK2323203.00 | SK PGMI 23.203 NAD p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain