SKRIPSI PGMI
Upaya Membangun Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kitab Kuning di MI Salafiyah Simbangkulon 02 Pekalongan
Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan yang dapat digunakan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah kehidupan, nilai-niai, dan keutuhan diri. Selain itu, kecerdasan spiritual dapat membentuk karakter manusia kedepannya. Manusia juga bisa menemukan makna kehidupan dengan kecerdasan spiritual. Oleh karena itu, upaya untuk membangun kecerdasan spiritual sangat penting. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana upaya guru dalam membangun kecerdasan spiritual di MI Salafiyah Simbangkulon 02 melalui pembelajaran berbasis kitab kuning?; 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kecerdasan spiritual siswa? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk membangun kecerdasan spiritual siswi di MI Salafiyah Simbangkulon 02. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kecerdasan spiritual. Pendekatan penelitian yang dipilih yaitu penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berasal dari data primer, yaitu kepala sekolah dan guru pengampu kitab, serta data skunder yaitu jurnal, buku, website atau bahan bacaan yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Membangun kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran berbasis kitab kuning di MI Salafiyah Simbangkulon 02 merupakan usaha dari pihak madrasah agar para siswanya senantiasa dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab kuning sehingga kecerdasa spiritualitas siswa dapat tertanan dalam diri mereka. pembelajaran masih berpusat pada guru. Metode yang digunakan yaitu metode bandongan. Adapun ciri-ciri kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh siswa sebagian sudah terlihat baik; 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam membangun kecerdasan spritual siswa di MI Salafiyah Simbangkulon 02. Adapun yang pertama, faktor pendukung dari hal tersebut ialah pembiasaan keagamaan, arahan dan motivasi dari orang orang terdekat, dan yang terakhir yaitu kesadaran melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar. Sedangkan faktor penghambat dari hal tersebut ialah lingkungan yang tidak mendukung dan keadaan atau pengalaman siswa yang kurang mendukung.
23SK2323202.00 | SK PGMI 23.202 NUR u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain